Pengaruh Pola Asuh Keluarga terhadap Perilaku Menyimpang Remaja

Lukman Hakim, Lukman (1209105073) (2014) Pengaruh Pola Asuh Keluarga terhadap Perilaku Menyimpang Remaja. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Dewasa ini banyak diberitakan di media elektronik tentang berbagai macam persoalan konflik yang terjadi di negeri ini terlebih lagi yang melibatkan para remaja. Keluarga sebagai lingkungan masyarakat terkecil merupakan modal dasar bagi orang tua untuk memberikan bimbingan dan pendidikan agama terhadap anak-anaknya dalam menghadapi masa perkembangan dan pertumbuhan remaja dan perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya. Seringkali kita mendengar banyak remaja-remaja yang terlibat dalam kenakalan remaja, seperti perkelahian, narkoba, sex bebas sampai tindakan kriminal. Karena remaja merupakan masa transisi dari anak-anak menjadi dewasa. Sehingga para remaja sering melakukan hal-hal baru dalam mencari jati dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertama, seberapa besar pola asuh yang diterapkan kelurga kepada remaja di Kampung Babakan Cisarua Desa Sindanglaya. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar perilaku menyimpang remaja yang ada di KampuKenakalan remaja dalam studi ilmu sosial dapat dikategorikan ke dalam perilaku menyimpang. Perilaku menyimpang dapat terjadi karena terdapat penyimpangan perilaku dari berbagai aturan-aturan sosial ataupun dari nilai dan norma sosial yang berlaku. Perilaku menyimpang merupakan permasalahan yang umum dan sering terjadi dalam sebuah keluarga. Durkheim memperkenalkan konsep “anomie”. Anomie didefinisikan sebagai suatu situasi tanpa norma dan arah yang tercipta akibat tidak selarasnya harapan kultural dengan kenyataan sosial. Merton mencoba menghubungkan “anomie” dengan penyimpangan sosial (Merton, 1957) dalam Bruce J.Cohen. Ia berpendapat sebagai akibat proses sosialisasi individu-individu mencari alternatif, perilaku alternatifnya mungkin menimbulkan penyimpangan sosial. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui apakah terdapat pengaruh dari Pola Asuh Keluarga, terhadap Perilaku Menyimpang Remaja, dengan menggunakan analisis regresi. Dengan pengumpulan data berupa Kuesioner yang disebar kepada responden sebanyak 55 kuesioner. Indikator Variabel X dengan menggunakan tiga Model Pola Asuh menurut Elizabeth Hurlock (dalam Gunarsa, 2003: 82) yaitu Pola Asuh Authoriter, Permissive dan Authoritative. Dan Indikator Variabel Y menggunakan Dimensi Perilaku Menyimpang menurut Soerjono Soekanto, (dalam Sosiologi Suatu Pengantar, 2003:374-380) yaitu Kenakalan Remaja, Penyimpangan Seksual, Penyimpangan dalam bentuk pemakaian obat terlarang dan alkoholisme. Hasil dari penelitian, menunjukkan bahwa, pola asuh keluarga berpengaruh signifikan, terhadap perilaku menyimpang remaja. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung (6,912) <nilai -ttabel (-2,006) hal ini bersesuaian dengan nilai Sig (0,000) < 0,05. Memberikan kontribusi pengaruh sebesar 47,4% terhadap perilaku menyimpang remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Keluarga, Perilaku Menyimpang, Remaja
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:24
Last Modified: 02 Jun 2016 10:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item View Item