Tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab At-Tarbiyah Al-Islamiyah hubungannya dengan motivasi belajar agama Islam: penelitian di kelas 1 Puteri Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru hilir Bandung

Hamidah, Siti (2010) Tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab At-Tarbiyah Al-Islamiyah hubungannya dengan motivasi belajar agama Islam: penelitian di kelas 1 Puteri Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru hilir Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-daftarisi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah yang dilaksanakan di Ponpes Al-Ihsan. Meskipun pembelajaran telah dilaksanakan tetapi masih ada saja santri yang acuh tak acuh, yakni datang terlambat, bolos mengaji dan tidak mengikuti pengajian dengan baik. Hal itu terjadi mungkin disebabkan oleh tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah. Penulis melihat ada kesenjangan antara tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah dengan motivasi belajar agama Islam di lingkungan pesantren. Tujuan penelitian ini bertolak dari rumusan masalah bagaimana tanggapan santri puteri terhadap pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah? Bagaimana motivasi santri belajar agama Islam? Bagaimana hubungan tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah dengan motivasi belajar agama Islam? Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah, mengetahui motivasi belajar agama Islam dan mengetahui hubungan antara tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah dengan motivasi santri belajar agama Islam di Pondok Pesantren Al-Ihsan. Penelitian ini muncul dari pemikiran bahwa secara teori perilaku manusia dipengaruhi oleh tanggapan terhadap suatu objek tertentu. Dengan demikian diajukan hipotesis semakin baik tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah, maka semakin baik pula motivasi santri belajar agama Islam. Sebaliknya semakin buruk tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah, maka semakin buruk pula motivasi santri belajar agama Islam. Secara umum berlangsungnya penelitian ini didasarkan pada metode deskriptif, yang ditunjang dengan pengumpulan angket, observasi, dan wawancara. Dengan responden sebanyak 40 santri puteri kelas 1 Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru hilir Bandung. Kemudian analisis datanya dibagi ke dalam dua pendekatan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa penemuan, antara lain: tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah menghasilkan angka rata-rata 3,96. Angka ini termasuk kualifikasi tinggi, karena berada pada rentang antara 3,40 – 4,19. Variabel motivasi santri belajar agama Islam menghasilkan angka rata-rata 2,85. Angka ini termasuk kualifikasi sedang, karena berada pada rentang antara 2,60 – 3,39. Hasil data dengan analisis persamaan linier regresinya adalah Y = 47,39 + 0,37X. Analisis korelasi menunjukkan keterkaitan antara tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah dengan motivasi santri belajar agama Islam sebesar 0,88. Angka ini termasuk dalam kualifikasi sangat kuat karena berada pada interval antara 0,80 – 1,00. Sedangkan kadar pengaruh tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah dengan motivasi santri belajar agama Islam sebesar 77%. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa 77% motivasi santri belajar agama Islam dipengaruhi oleh tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab at-Tarbiyah al-Islamiyah, sedangkan 23% lainnya dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: At-Tarbiyah Al-Islamiyah; motivasi belajar; Pembelajaran Kitab;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ija Suntana
Date Deposited: 15 Apr 2016 07:40
Last Modified: 13 Nov 2018 06:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item View Item