Upaya pembinaan akhlak siswa melalui program 7 (Tujuh) poe atikan Purwakarta istimewa: Penelitian di SMPN 5 Raden Muhammad Shaleh Purwakarta

Millah, Miftah Auliya Hudatul (2018) Upaya pembinaan akhlak siswa melalui program 7 (Tujuh) poe atikan Purwakarta istimewa: Penelitian di SMPN 5 Raden Muhammad Shaleh Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada studi pendahuluan mengenai pelaksanaan program 7 (tujuh) poe Atikan Purwakarta Istimewa” yang serempak dilaksanakan di seluruh Sekolah Dasar dan Menengah di Purwakarta, dan salah satunya dilaksanakan di SMPN 5 Purwakarta. Berpijak dari itulah, peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam terhadap pembinaan akhlak di SMPN 5 Raden Muhammad Shaleh Purwakarta melalui program “7 Poe Atikan Purwakarta Istimewa”. Penelitian tersebut penulis sajikan dalam judul skirpsi “Upaya Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Program “ 7 (tujuh) Poe Atikan Purwakarta Istimewa” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bentuk-bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam Program“7 (tujuh) poe Atikan Purwakarta Istimewa.” (2) mengetahui proses implementasi program “7 (tujuh) poe Atikan Purwakarta Istimewa” dalam upaya pembinaan akhlak siswa di SMPN 5 Raden Muhammad Shaleh Purwakarta.(3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui program “7 (tujuh) poe Atikan Purwakarta Istimewa” di SMPN 5 Raden Muhammad Shaleh Purwakarta. (4) mengetahui hasil pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui program “7 (tujuh) poe Atikan Purwakarta Istimewa” di SMPN 5 Raden Muhammad Shaleh Purwakarta. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoritis yang dikemukakan, bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan akhlak seseorang adalah kebiasaan. Kaitannya dengan penelitian ini, bahwasanya program “7 (tujuh) poe Atikan Purwakarta Istimewa” merupakan salah satu bentuk program pembinaan akhlak melalui metode pembiasaan dengan pendekatan holistik dan tematik. Maka dengan pembiasaan melalui program ini, akhlak siswa di SMPN 5 Purwakarta akan terbentuk ke arah yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket. Selanjutnya, data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) bentuk-bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam Program“7 (tujuh) poe Atikan Purwakarta Istimewa” dianataranya shalat dhuaha bersama dan anjuran puasa senin-kamis (2) penerapan program ini dilaksanakan melalui metode pembiasaan dengan pendekatan tematik dan holistik (3) faktor pendukung pelaksanaan program ini adalah adanya dukungan dari segala pihak, sedangkan untuk faktor penghambatnya ialah masih belum disiplinya siswa dalam mengikuti program ini. (4) hasil yang dicapai dalam proses pembinaan akhlak ini ialah dari sikap siswa yang mulai berubah ke arah yang lebih baik lagi, diantaranya siswa giat melaksanakan shalat dhuha, disiplin masuk jam 6 pagi, siswa giat menabung, siswa giat bersedekah dan sikap-sikap terpuji lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan; Akhlak; Program 7 (Tujuh) Poe Atikan Purwakarta Istimewa
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miftah Auliya Hudatul Millah
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:12
Last Modified: 30 Jul 2018 07:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11633

Actions (login required)

View Item View Item