Intensitas siswa dalam mengikuti kegiatan peringatan hari besar Islam (PHBI) hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah: penelitian di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Majalaya Kabupaten Bandung Tahun 2010

Shalihat, Maria Afriani (2010) Intensitas siswa dalam mengikuti kegiatan peringatan hari besar Islam (PHBI) hubungannya dengan akhlak mereka di sekolah: penelitian di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Majalaya Kabupaten Bandung Tahun 2010. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Intensitas Siswa dalam mengikuti kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dapat diartikan keinginan atau kekuatan yang dimiliki siswa yang mendalami ajaran Islam. Dengan kegiatan tersebut, diharapkan siswa berakhlak mulia sesuai yang disyariatkan oleh ajaran Islam. Oleh karena itu siswa terlebih dahulu harus memahami hakikat dari kagiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) itu sendiri. Bertolak dari keadaan tersebut, maka yang diteliti adalah bagaimana intensitas siswa kelas X MAN Majalaya dalam mengikuti kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI)? Bagaimana akhlak mereka di sekolah? Bagaimana hubungan intensitas siswa kelas X MAN Majalaya dalam mengikuti kegitan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dengan akhlak mereka di sekolah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas siswa kelas X MAN Majalaya dalam mengikuti kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) di sekolah, untuk mengetahui akhlak mereka di sekolah dan untuk mengetahui hubungan intensitas siswa kelas X MAN Majalaya dalam mengikuti kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dengan akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini bertolak dari asumsi bahwa akhlak siswa di sekolah salah satunya dipengaruhi oleh intensitas siswa dalam mengikuti kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI). Untuk membuktikan hipotesis dilakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif, karena metode ini dianggap cocok untuk menggali, mengungkapkan, serta menganalisis penomena empirik yang terjadi pada masa sekarang. Sedangkan tekhnik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta menyebarkan angket kepada 34 orang siswa di MAN Majalaya sebagai populasi sampel, dan studi kepustakaan. Kemudian dianalisis datanya menggunakan dua pendekatan, yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasional. Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus analisis deskriptif ternyata diketahui bahwa realitas intensitas siswa dalam mengikuti kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) di MAN Majalaya berdistribusi normal dengan angka rata-rata sebesar 58,08, setelah di bagi jumlah angka item angket (15 item) diperoleh angka sebesar 3,87, ini termasuk katagori tinggi karena berada pada interval 3,5 - 4,5. Realitas akhlak mereka disekolah pun berdistribusi normal dengan angka rata-rata sebesar 62,61, setelah di bagi jumlah angka item angket (15 item) diperoleh angka sebesar 4,17, ini termasuk katagori tinggi karena berada pada interval 3,5 - 4,5. Sedangkan Hubungan intensitas siswa dalam mengikuti kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah tergolong tinggi yaitu sebesar 0,89 karena berada pada interval 0,81-1,00. Dilihat dari derajat hubungannya diketahui sebesar 11%, sedangkan melalui uji hipotesis diketahui bahwa harga t hitung = 2,85 dan t table = 2,03. Dengan demikian, data tentang hubungan kedua variable memiliki korelasi yang signifikan, karena ketentuan t hitung>t tabel terpenuhi. Hal ini mengandung arti hipotesis alternative (Ha) yang diajukan diterima, sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: siswa; akhlaq; PHBI
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ija Suntana
Date Deposited: 15 Apr 2016 06:24
Last Modified: 25 Sep 2018 03:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item