Solidaritas anggota dalam komunitas sepeda onthel: Studi deskriptif komunitas GASSOLE di Kampung Padengdeng Desa Mandalakasih Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut

Azhar, Abdul Rafi (2018) Solidaritas anggota dalam komunitas sepeda onthel: Studi deskriptif komunitas GASSOLE di Kampung Padengdeng Desa Mandalakasih Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari keunikan sebuah sepeda onthel yang usang temakan usia. Fenomena yang menjadi ketertarikan penulis untuk meneliti permasalahan ini adalah rasa solidaritas yang tumbuh dari pecinta atau pecinta onthel. Komunitas sepeda onthel tercipta atas dasar kecintaan terhadap onthel, sehingga menumbuhkan rasa bahwa kebersamaan tersebut dapat memenuhi kepentingan-kepentingan hidup yang utama. Artinya ada ikatan yang kuat di antara mereka. Solidaritas memperlihatkan perasaan bersatu, juga bisa diartikan sebagai tingkat kekompakan danrasa memiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana solidaritas anggota komunitas sepeda onthel GASSOLE (Garut Selatan Sepeda Onthel), untuk mengetahui bagaimana latarbelakang terbentuknya komunitas serta solidaritas antar anggota kjomunitas sepeda onthel GASSOLE (Garut Seltan Sepeda Onthel) dalam membangun solidaritas sosial, dan mengetahui bagaimana solidaritas sosial dalam komunitas sepeda onthel GASSOLE (Garut Selatan Sepeda Onthel). Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori solidaritas sosial Emile Durkheim menurutnya, Solidaritas dalam masyarakat bekerja seperti "perekat sosial", dalam hal ini dapat berupa ,nilai, adat istiadat, dan kepercayaan yang dianut bersama dalam ikatan kolektif. teori tersebut dijadikan sebagai kerangka pemikiran dalam melihat berbagai fenomena yang muncul di lapangan, terutama berkaitan dengan solidaritas sosial anggota dalam komunitas sepeda onthel (Studi Deskriptif Komunitas GASSOLE (Garut Selatan Sepeda Onthel) di Kampung Padengdeng Desa Mandalakasih Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut. Metode yang duganakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data yang di dapat, kemudian memaparkan dalam bentuk narasi cerita berdasarkan data wawancara, observasi yang telah didapat dan juga dilengkapi dengan dokumentasi berupa foto, agenda kegiatan dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menggambarkan tentang solidaritas anggota dalam komunitas sepeda onthel (studi deskriptif komunitas GASSOLE). Berdasarkan hasil penelitian, bahwa solidaritas anggota dalam komunits sepeda onthel GASSOLE (Garut Selatan Sepeda Onthel) didasarkan ats keyakinan (miyara titinggal karuhun) memelihara peninggalan nenek moyang serta (Satu Onthel Sejuta sodara)sesama anggota komunitas. Solidaritas sosial anggota dalam komunitas sepeda onthel GASSOLE (Garut Selatan Sepeda Onthel)sangatlah kuat, ini dibuktikan atas persamaan rasa sesama anggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial; Anggota; Komunitas; GASSOLE
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process
Social Groups
Social Groups > Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: abdul rafi azhar
Date Deposited: 24 Jul 2018 02:06
Last Modified: 24 Jul 2018 02:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11611

Actions (login required)

View Item View Item