Dasar-dasar ilmu pendidikan Islam dalam Al-Qurân surat Lukman ayat 13, 14, dan 18

Hendra, Hendra (2010) Dasar-dasar ilmu pendidikan Islam dalam Al-Qurân surat Lukman ayat 13, 14, dan 18. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)

Abstract

Al-Qur’an adalah sumber rujukan utama bagi umat Islam. Segala disiplin ilmu tertuang dalam Al-Quran secara universal, tidak terkecuali dengan masalah Ilmu pendidikan. Dalam menggali kandungan ayat Al-Qur’an dibutuhkan suatu disiplin ilmu yaitu ilmu tafsir. Dari sekian banyak ayat yang berkenaan dengan pendidikan, Al-Qur’an Surat Lukman ayat 13, 14, 18 adalah salah satunya, yang di dalamnya terdapat dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam. Dalam penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana penafsiran para mufasir mengenai Al-Qur’an Surat Lukman ayat 13, 14, dan 18, bagaimana dasar-dasar (pondasi) keislaman pada Al-Qur’an Surat Lukman ayat 13, 14, dan 18, dan dan bagaimana dasar-dasar Ilmu Pendidikan Islam berdasarkan Al-Qur’an Surat Lukman ayat 13, 14, dan 18. Dalam penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa dasar-dasar (pondasi) keislaman terdapat tiga ajaran, yaitu ajaran aqidah, syariah, dan akhlak. Sedangkan yang menjadi dasar pengkajian ilmu Pendidikan Islam terdiri dari tujuan, metode, materi (kurikulum), pendidik, dan anak didik. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif, sedangkan yang menjadi sumber data utama adalah Al-Qur’an Surat Lukman ayat 13, 14, dan 18 yang didukung oleh penafsiran dari berbagai mufassir dalm karyanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan mengenai dasar-dasar ilmu pendidikan dalam Al-Qur’an Surat Lukman ayat 13, 14, dan 18, maka penulis simpulkan bahwa: (1)dalam kandungan Q.S. Lukman ayat 13, 14, dan 18 terdapat tujuan pendidikan, diantaranya: (a) Membentuk Manusia Agar Memiliki Aqidah (tauhid) yang kuat, (b) Membentuk anak agar selalu berpijak pada syariat Islam (c) Membentuk anak yang berbakti terhadap orangtuanya, dan (d) Membentuk anak agar tidak memiliki sifat angkuh dan sombong. (2) Metode yang digunakan ketika Lukman memberikan pelajaran pada anaknya adalah metode khiwar. Metode hiwar ialah percakapan silih berganti antara dua pihak atau lebih mengenai satu topik dan dengan sengaja diarahkan kepada satu tujuan yang dikehendaki. (3) Materi yang disampaikan adalah materi pokok dalam ajaran Islam. Materi tersebut adalah masalah tauhid (aqidah) dan materi akhlak. (4) Pendidik dalam konteks Q.S. Lukman ayat 13, 14, dan 18 adalah Lukman, sebagai orang tua sekaligus pendidik pertama seorang anak. (5) Anak didik dalam Al-Qur’an Surat Lukman ayat 13, 14, dan 18 adalah anak Lukman yang sebagian mufasir menyebutkan bahwa anak tersebut bernama Saron. Dan (6) Lingkungan dalam kandungan Al-Qur’an Surat Lukman ayat 13, 14, dan 18 adalah lingkungan keluarga

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Surat Lukman Ayat 13 14; Ilmu Pendidikan Islam
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ija Suntana
Date Deposited: 15 Apr 2016 01:32
Last Modified: 18 Sep 2018 02:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item