Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return Saham pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) (Studi di PT. Semen Indonesia, Tbk. Periode 2007-2016)

Novianti, Asrie (2018) Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return Saham pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) (Studi di PT. Semen Indonesia, Tbk. Periode 2007-2016). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan lembaga keuangan yang berbasis syariah seperti bank, ikut mendorong perkembangan penggunaan prinsip-prinsip syariah di sektor pasar modal. Pasar modal merupakan tempat bertemunya para pemodal dengan perusahaan yang membutuhkan dana. Para calon pemodal melakukan penanaman modal dengan bertujuan untuk memperoleh Return yang sebesar-besarnya. Salah satu yang harus diperhatikan yaitu kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan cara menganalisis profitabilitasnya, adapun rasio yang digunakan adalah Return On Assets (ROA) dan Operating Profit Margin (OPM). Dengan teori yang ada peneliti tertarik untuk mengkaji lebih jauh seberapa besar Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Operating Profit Margin (OPM) Terhadap Return Saham pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) (Studi di Perusahaan PT Semen Indonesia Tbk.). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Return On Assets Return On Asset (ROA) terhadap Return Saham secara parsial, mengetahui pengaruh jumlah Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return Saham secara parsial, mengetahui pengaruh jumlah Return On Asset (ROA) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return Saham secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah sekunder dari laporan tahunan 2007-2016. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 16.0 dan Microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Uji statistika yang dilakukan Return On Assets (ROA) terhadap Return Saham menunjukkan hasil koefisien detrminasi sebesar 0,304 atau 30,4%. 2) Uji statistika yang dilakukan Operating Profit Margin (OPM) terhadap Return Saham menunjukkan hasil koefisien determinasi sebesar 0,357 atau 35,7%. 3) Uji statistika yang dilakukan, Return On Assets (ROA) dan Operating Profit Margin (OPM) terhadapReturn Saham dengan hasil koefisien determinasi sebesar 0,380 atau 38% sisanya 62% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis menunjukkan Fhitung<Ftabel (2,145<4,74), maka Ho diterima dan Ha ditolak, maka secara simultan Return On Assets (ROA) dan Operating Profit Margin (OPM) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return Saham. Kata kunci: Return On Asset (ROA), Operating Profit Margin (OPM), Return Saham

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets (ROA); Oprating Profit Margin (OPM); Return Saham
Subjects: Econmics > Economists
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Asrie Novianti
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:08
Last Modified: 30 Jul 2018 04:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11565

Actions (login required)

View Item View Item