Penerapan pembelajaran berbasis masalah Menggunakan e-module korosi Untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa

Nurhayati, Ai (2018) Penerapan pembelajaran berbasis masalah Menggunakan e-module korosi Untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy

Abstract

Media yang digunakan dalam pembelajaran dibutuhkan sebagai upaya alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran berbasis masalah menggunakan e-module korosi untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Metode yang digunakan pre experiment dengan subjek penelitian sebanyak 38 mahasiswa Pendidikan Kimia semester II. Informasi diperoleh dengan mengukur aktivitas mahasiswa selama pembelajaran, kemampuan menyelesaikan lembar kerja (LK) berbasis masalah, serta kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Hasil keterlaksanaan aktivitas mahasiswa selama pembelajaran rata-rata 87% dengan kategori sangat baik, kemampuan menyelesaikan LK yaitu 87 dengan kategori sangat baik, dan nilai n-gain kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa sebesar 0,637 dengan kategori peningkatan sedang. Hasil yang diperoleh disebabkan karena bahan ajar berupa e-module berperan dalam mengaktifkan proses pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran berbasis masalah menggunakan e-module korosi dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir tingkat tinggi, e-module, korosi, pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Thought, Thinking, Reasoning, Intuition, Value, Judgment
Instruments > Electronic Instrument
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 09:55
Last Modified: 20 Jul 2018 09:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11555

Actions (login required)

View Item View Item