Peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada materi suhu dan kalor melalui moel pembelajaran discovery-inquiry

Supiyandi, Ahmad (2018) Peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada materi suhu dan kalor melalui moel pembelajaran discovery-inquiry. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika yaitu dengan menerapkanmodel pembelajaran discovery-inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan modelpembelajarandiscovery-inquiry pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen, dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 2 sebanyak 34 orang peserta didik yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar kerja peserta didik, dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan rata-rata seluruh pertemuan aktivitas guru adalah 80% termasuk dalam kategori sanagat baik dan peserta didik adalah 66 % yang termasuk pada kategori baik. Selain itu terdapat peningkatan penguasaan konsep peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,66 berkategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxondengan taraf kesalahan 5% diperoleh data yang menunjukan bahwa thitung (5,09) >ztabel (1,65) yang berarti terdapat peningkatan penguasaan konsep peserta didik setelah diterapkan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery-inquiry; Penguasaan Konsep; Suhu dan Kalor
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ahmad Ahmad Supiyandi
Date Deposited: 23 Jul 2018 02:57
Last Modified: 23 Jul 2018 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11531

Actions (login required)

View Item View Item