Upaya Bimbingan Islam dalam Membentuk Karakter Islami Anak Asuh: Studi Deskripstif pada Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hayat di Kecamatan Antapani Kota Bandung

Aliyah Febriyani, Siti Zayyinatul (2018) Upaya Bimbingan Islam dalam Membentuk Karakter Islami Anak Asuh: Studi Deskripstif pada Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hayat di Kecamatan Antapani Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Panti asuhan memiliki peran penting dalam membentuk karakter Islami anak asuh melalui 1) kegiatan internalisasi nilai-nilai agama dan, 2) sebagai pengganti keluarga. Di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hayat para anak asuh mendapatkan pendidikan dan perlakuan yang layak dengan cara yang benar berlandaskan qur’an dan Sunnah guna menghantarkannya menjadi pribadi yang bertakwa dan berkualitas. Permasalahan dari penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana Bimbingan Islam dalam membentuk karakter islami anak asuh?, 2) Bagaimana hasil bimbingan Islam yang dicapai dalam pembentukan karakter islami pada anak asuh. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Bimbingan Islam dalam membentuk karakter islami pada anak asuh di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hayat, (2) Hasil Bimbingan Islam yang dicapai dalam pembentukan karakter islami pada anak asuh. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa Bimbingan Islam adalah suatu kegiatan pemberian bantuan terhadap individu agar mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah, sehingga dapat mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat serta memiliki karakter Islami yang merujuk kepada sirah Nabi Muhammad SAW. yang memiliki sifat/karakter shidiq, amanah, fatanah, tablig. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan Dokumen. Berdasarkan hasil temuan dari upaya bimbingan Islam dalam membentuk karakter anak asuh maka penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. a) Program Bimbingan Islam yang terdapat di PSAA AL-Hayat Antapani Bandung adalah Tahfidz AL-Qur’an dan Hadits, Bimbingan Belajar, Ceramah dan Diskusi. b) Proses Bimbingan Islam yang dilakukan di PSAA Al-Hayat Bandung, dilakukan melalui tahap: (1) Pengenalan, (2) Pemahaman (3) Penerapan, (4) Pengulangan/Pembiasaan, (5) Pembudayaan, (6) Internalisasi Menjadi Karakter. Selain itu proses disini melibatkan unsur-unsur bimbingan seperti pemberian sebuah materi, penggunaan metode, dan media. Metode bimbingan yang digunakan di PSAA Al-Hayat yaitu metode direct (tatap muka, dialog langsung), metode bimbingan kelompok, metode ceramah, dan metode qishas (cerita) sedangkan dalam pembentukan karakter Islami metode yang digunakannya yaitu metode pembiasaan. Semuanya telah berjalan dengan baik dan efektif. 2. Hasil yang dicapai setelah diadakannya bimbingan Islam dalam membentuk karakter anak asuh yaitu ada perubahan yang cukup besar ke arah sifat kejujuran, amanah, tabligh, dan fathanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bimbingan Islam; karakter; anak asuh
Subjects: Religious Education
Physiology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siti Zayyinatul Aliyah Febriyani
Date Deposited: 26 Jul 2018 06:50
Last Modified: 26 Jul 2018 06:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11469

Actions (login required)

View Item View Item