Dampak Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Remaja: Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Mayistia, Triana (2018) Dampak Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Remaja: Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama informasi telah memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam bersosialisasi dan berkomunikasi. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung sebagian besar mengetahui dan menikmati media sosial Instagram. Beberapa aktifitas penggunaan media sosial instagram tersebut secara sadar atau tidak telah mengubah perilaku sosial mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan media sosial instagram terhadap perubahan perilaku sosial remaja di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan teori tindakan Max Weber, bahwa Webber membedakan tindakan sosial manusia ke dalam empat tipe yakni (1) Rasionalitas Instrumental (Zweckrationalitat) (2) Rasionalitas yang Berorientasi Nilai (Wertrationalitat) (3)Tindakan Tradisional (4) Tindakan Afektif .Kemudia teori perubahan sosial Soerjono Soekanto, bahwa menurut Soerjono Soekanto Perubahansosial dapat dibedakan kedalam beberapa bentuk, yaitu (1) Perubahan Lambat dan Perubahan Cepat (2) Perubahan Kecil dan Perubahan Besar (3) Perubahan yang Dikehendaki atau Perubahan yang Direncanakan dan Perubahan yang Tidak Dikehendaki atau Perubahan yang Tidak Direncanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Metode ini digunakan agar peneliti dapat mendeskripsikan, menggambarkan dan mengungkapkan fakta yang terjadi di lapangan dan dapat dibuktikan secara empirik. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer peneliti dapatkan dari hasil wawancara. Sumber data sekunder berupa dokumen dan literatur-literatur yang berkaitan dengan dampak penggunaan media sosial instagram terhadap perubahan perilaku sosial remaja. Hasil penelitiannya ini menunjukan bahwa terdapat beberapa dampak perubahan perilaku sosial pada remaja terutama mahasiswa FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung akibat dari penggunaan media sosial instagram yaitu perubahan dalam eksistensi diri, kecanduan selfie, perilaku konsumtif, terlarut kedalam dunia maya, perubahan dalam berpakaian, dan berani dalam mengekspresikan diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Instagram;Perubahan Perilaku Sosial;Remaja
Subjects: Parapsychological Science and Occult Methods for Achieving Well-Being, Happiness, Successfulness
Social Process
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Triana Mayistia
Date Deposited: 19 Jul 2018 07:04
Last Modified: 19 Jul 2018 07:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11422

Actions (login required)

View Item View Item