Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Return Saham dan Profitabilitas Perusahaan: Studi pada emiten yang terdaftar di JII periode 2012-2016

Dewi, Lucyana Ratna (2018) Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Return Saham dan Profitabilitas Perusahaan: Studi pada emiten yang terdaftar di JII periode 2012-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (984kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh EVA dan MVA terhadap Return Saham dan Profitabilitas Perusahaan yang konsisten terdaftar di Jakarta Islamic Index selama 5 (lima) tahun, yaitu mulai dari tahun 2012-2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yang ada sehingga didapat sampel sebanyak 14 perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan analisis data panel, dimana EVA dan MVA menjadi varibel bebas dan Return Saham dan Profitabilitas sebagai variabel terikatnya. Dalam mengolah data penelitian ini menggunakan alat bantu program Eviews 9. Dari hasil pengujian persamaan (1) menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 0.04 yang meunjukan hubungan yang kuat antara variabel bebas secara simultan dengan variabel terikat (Y1). Dan pada persamaan (2) nilai koefisien determinasi sebesar 0.68 yang menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara varibael bebas secara simutan terhadap variabel terikat (Y2) dan memberikan keragaman sebesar 68% terhadap profitabilitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Economic Value Added (EVA) berpengaruh terhadap Return Saham dengan nilai t-hitung 2.051 dan bepengaruh terhadap Profitabilitas (ROA) dengan nilai t-hitung sebesar 2.177. Sedangkan varibael Market Value Added (MVA) berpengaruh terhadap Return Saham dengan nilai t-hitung sebesar 2.598 namun tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA) dengan nilai t-hitung sebesar 1.102. Dan hasil uji f menyatakan bahwa secara bersama-sama EVA dan MVA berpengaruh terhadap Return Saham dengan F- hitung 4.812 dan juga secara bersama-sama EVA dan MVA berpengaruh terhadap Profitabilitas (ROA) dengan F-hitung sebesar 7.847 dengan taraf nyata (α) = 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Economic Value Added; Market Value Added; Return Saham; Profitabilitas
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Lucyana Ratna Dewi
Date Deposited: 19 Jul 2018 04:02
Last Modified: 19 Jul 2018 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11390

Actions (login required)

View Item View Item