Tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi cooperative integrated reading and composition pada mata pelajaran Al-Qurân Hadis hubungannya dengan motivasi belajar mereka

Harahap, Yusniati (2012) Tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi cooperative integrated reading and composition pada mata pelajaran Al-Qurân Hadis hubungannya dengan motivasi belajar mereka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB III - BAB IV)
6_Bab3dan4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi cooperative integrated reading and composition pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis hubungannya dengan motivasi belajar mereka. Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di MTs Negeri 2 Bandung, yakni timbulnya kesenjangan antara teori yang ada tentang strategi cooperative integrated reading and composition yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan masih rendahnya motivasi belajar mereka pada mata pelajaran al-Qurân hadis. Berdasarkan fenomena tersebut timbullah permasalahan yang harus diteliti, yakni bagaimana tingkat hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi cooperative integrated reading and composition pada mata pelajaran Al-Qurân hadis hubungannya dengan motivasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab sejauh mana hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi cooperative integrated reading and composition pada mata pelajaran Al-Qurân hadis hubungannya dengan motivasi belajar mereka. Berangkat dari kerangka pemikiran bahwa penggunaan strategi cooperative integrated reading and komposition yang dianggap mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, motivasi tidak akan muncul dengan sendirinya. Tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi cooperative integrated reading and composition merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qurân hadis, dengan hipotesis awalnya adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi cooperative integrated reading and composition maka motivasi belajar mereka akan meningkat. Sebaliknya, jika tanggapan siswa terhadap strategi cooperative integrated reading and composition negatif, maka motivasi belajar mereka akan semakin rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, karena metode ini dianggap cocok untuk menggali, mengungkap serta menganalisa fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket kepada 48 siswa di MTs Negeri 2 Bandung. Berdasarkan hasil pengolahan data variabel tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi cooperative integrated reading and composition pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis ( variabel X ) sebesar 3,97 nilai ini termasuk dalam kategori tinggi, karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Hal ini menunjukkan tanggapan siswa baik. Sedangkan motivasi belajar mereka (variabel Y) sebesar 3,53 nilai ini termasuk dalam kategori tinggi, karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Dengan demikian motivasi belajar mereka bersifat baik. Dari kedua variabel diatas diperoleh harga koefisien korelasi antara tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi cooperative integrated reading and composition pada mata pelajaran Al-Qurâan hadis dengan motivasi belajar mereka sebesar 0,57. Angka tersebut menunjukkan adanya korelasi yang positif walaupun hanya beberapa persen dari jumlah keseluruhan. Dilihat dari tinggi rendahnya tanggapan siswa dengan motivasi belajar mereka mencapai 32,49%. Dengan demikian masih terdapat 67,51% faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa di MTs Negeri 2 Bandung yang perlu diteliti lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Qur'an hadist; Motivasi belajar;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2016 00:47
Last Modified: 08 Apr 2019 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item