Tanggapan santri terhadap metode al-Murthafhy hubungannya dengan kemampuan menghafal al-Quran: Penelitian terhadap santri Pondok Pesantren Darul Huffadz Al-Anissiyyah An-Nur Sukabumi

Maliki, Muhammad (2018) Tanggapan santri terhadap metode al-Murthafhy hubungannya dengan kemampuan menghafal al-Quran: Penelitian terhadap santri Pondok Pesantren Darul Huffadz Al-Anissiyyah An-Nur Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di Pondok Pesantren Darul Huffadz Al-Anissiyyah An-Nur Sukabumi telah diterapkan metode Al-Murthafhy. Diketahui kemampuan menghafal al-Quran para santri sangat baik sekali. Dari pada itu penulis bermaksud mengetahui hubungan tanggapan santri terhadap metode Al-Murthafhy dengan kemampuan menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Darul Huffadz Al-Anissiyyah An-Nur Sukabumi. Metode Al-Murthafhy merupakan metode yang menawarkan kemudahan dalam menghafal Al-Quran dan penggunaan waktu yang relatif lebih singkat. Metode ini telah diterapkan di Pondok Pesantren Darul Huffadz Al-Anissiyyah An-Nur Sukabumi sejak tahun 2006. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) realitas tanggapan santri terhadap Metode Al-Murthafhy di Pondok Pesantren Darul Huffadz Al-Anissiyyah An-Nur Sukabumi; 2) realitas kemampuan menghafal Al-Quran santri di Pondok Pesantren Darul Huffadz Al-Anissiyyah An-Nur Sukabumi; 3) hubungan antara realitas tanggapan santri terhadap Metode Al-Murthafhy dengan kemampuan menghafal Al-Quran santri di Pondok Pesantren Darul Huffadz Al-Anissiyyah An-Nur Sukabumi. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa tanggapan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan menghafal Al-Quran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah “Jika tanggapan santri terhadap Metode Al-Murthafhy semakin baik dan tinggi, maka akan semakin baik dan tinggi pula kemampuan menghafal Al-Qurannya”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan datanya adalah angket, tes lisan, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Penyebaran angket sebanyak 15 item dan tes lisan sebanyak 5 item ditujukan kepada 30 santri. Setelah data terkumpul, maka dianalisis menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: 1) realitas tanggapan santri terhadap Metode Al-Murthafhy menunjukkan kategori sangat baik, ditunjukkan oleh nilai rata-rata sebesar 4,50 yang berada pada interval 4,20 – 5,00. 2) kemampuan hafalan Al-Qurannya pun menunjukkan kategori sangat baik yaitu berdasarkan nilai rata-rata sebesar 87,83 yang berada pada interval 80 – 100. 3) hubungan antara kedua variabel sebesar 0,20 dan termasuk pada korelasi sangat rendah yang berada pada interval 0,00 – 0,20.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tanggapan; metode al-Murthafhy; kemampuan; menghafal al-Quran
Subjects: Education, Research
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Maliki
Date Deposited: 19 Jul 2018 02:34
Last Modified: 19 Jul 2018 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11353

Actions (login required)

View Item View Item