Tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab Al-Hikam hubungannya dengan motivasi mereka mempelajari kitab tersebut: Penelitian di kelas 3 Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru Hilir Bandung

Yuniawati, Ika (2012) Tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab Al-Hikam hubungannya dengan motivasi mereka mempelajari kitab tersebut: Penelitian di kelas 3 Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru Hilir Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Perubahan secara kognitif dari hasil proses belajar mengajar biasanya ditandai dengan adanya tanggapan. Dengan tanggapan yang jelas terhadap suatu objek, diharapkan santri akan termotivasi untuk mengaplikasikan tanggapan itu ke dalam suatu prilaku yang positif. Berkaitan dengan hal itu jelas bahwa motivasi santri pondok pesantren Al-Ihsan dalam mengikuti pembelajaran kitab Al-Hikam di pesantren salah satunya dipengaruhi oleh adanya tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab Al-Hikam. Dari fenomena tersebut timbulah permasalahan yang harus diteliti, yakni bagaimana sebenarnya kadar hubungan tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab Al-Hikam dengan motivasi santri mempelajari kitab Al-Hikam di Pesantren. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui realitas tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab Al-Hikam, untuk mengetahui motivasi santri mempelajari kitab Al-Hikam dan untuk mengetahui hubungan antara tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab Al-Hikam dengan motivasi santri mempelajari kitab Al-Hikam di Pondok Pesantren Al-Ihsan. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa secara teori perilaku manusia dipengaruhi oleh tanggapan terhadap suatu objek tertentu. Dengan demikian diajukan hipotesis semakin baik tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab Al-Hikam, maka semakin baik pula motivasi santri mempelajari kitab tersebut. Sebaliknya semakin buruk tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab Al-Hikam, maka semakin buruk pula motivasi santri belajar agama Islam. Secara umum berlangsungnya penelitian ini didasarkan pada metode deskriptif, yang ditunjang dengan pengumpulan angket, observasi, dan wawancara. Dengan responden sebanyak 40 santri puteri kelas 3 Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiru hilir Bandung. Kemudian analisis datanya dibagi ke dalam dua pendekatan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa penemuan, antara lain: hasil penelitian dengan analisis deskriptif bahwa tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab Al-Hikam menghasilkan angka rata-rata 4,15. Angka ini termasuk kategori tinggi, karena berada pada rentang antara 3,5 – 4,4. Variabel motivasi santri mempelajari kitab Al-Hikam menghasilkan angka rata-rata 3,60. Angka ini termasuk kualifikasi tinggi, karena berada pada rentang antara 3,5 – 4,4. Hasil data dengan analisis korelasi menunjukkan keterkaitan antara tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab Al-Hikam dengan motivasi santri belajar agama Islam sebesar 0,15. Angka ini termasuk dalam kualifikasi sangat rendah karena berada pada interval antara 0,00 – 0,19. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung sebesar 7,05 dan t tabel sebesar 1,68. Karena t hitung > t tabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis alternative (Ho) ditolak. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa 85 % motivasi santri mempelajari kitab Al-Hikam dipengaruhi oleh tanggapan santri terhadap pembelajaran kitab Al- Hikam sedangkan 15 % lainnya dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: motivasi; Kitab Al-Hikam;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 07:58
Last Modified: 04 Mar 2019 07:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item