Peran Kepemimpinan Pemerintah Desa Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa : Studi Kasus di Desa Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi

Maulani, Puji (2018) Peran Kepemimpinan Pemerintah Desa Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa : Studi Kasus di Desa Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVERR.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran kepemimpinan pemerintah desa yang berhasil meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Keberhasilan pada masa kepemimpinan pemerintah desa saat ini yaitu pemerintah desa terkhusus kepala desa mampu meningkatkan rasa peduli masyarakat terhadap pembangunan desa yang diwujudkan dalam bentuk partisipasi secara aktif, sehingga masyarakat merasa dihargai keberadaannya. Seiring dengan itu pembangunan desa akan menghasilkan pembangunan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat Desa Gunungguruh. Tujuan penelitian ini ialah ingin mengetahui deskripsi kepemimpinan pemerintah desa untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, mengetahui faktor pendorong peran kepemimpinan pemerintah desa, mengetahui apa saja bidang pembangunan yang dilakukan pemerintah desa, dan mengetahui upaya apa saja yang dilakukan pemerintah desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fungsional Strutural, teori Talcott Parsons. Parsons melihat masyarakat sebagai sebuah sistem dari beberapa bagian yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, yang diwujudkan dalam empat skema yang memiliki fungsinya masing-masing yaitu AGIL. Adaptation, Goal attainment, Integration, dan Latency dan sebagai teori pendukung adalah tiga tipe-tipe kepemimpinan menurut Max Weber yaitu Tradisional, Kharismatik dan Rasional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi dilapangan. Data primer dihasilkan dari pengumpulan data yang dilakukakn dengan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber referensi berupa buku-buku, arsip-arsip, dan dokumen-dokumen lainnya yang relevan dengan kegaiatan penelitian di Desa Gunungguruh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran kepemimpinan pemerintah desa mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Kemajuan ini terjadi karena dipengaruhi oleh peran pemerintah desa yang piawai dalam mengambil hati masyarakat. Sehingga pembangunan yang dihasilkan mendapatkan kepuasan karena pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat. Faktor pendorong peran kepemimpinan pemerintah desa adalah salah satunya adalah adanya potensi sumber daya alam. Ada beberapa kemajuan dan perubahan kearah yang lebih baik yaitu pembangunan desa di bidang infrastruktur, bidang olahraga, bidang keagamaan, dan bidang pemberdayaan masyarakat. Adapun upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah desa (kepala desa) yaitu pertama, melakukan beberapa pendekatan dan menarik hati masyarakat sehingga masyarakat mau untuk berpartipasi. Kedua, memberikan ruang untuk berpartsipasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemerintah Desa; Partispasi; Pembangunan Desa
Subjects: Political dan Government Science > Structure and Functions of Government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Puji puji Puji maulani
Date Deposited: 17 Jul 2018 04:07
Last Modified: 17 Jul 2018 04:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11298

Actions (login required)

View Item View Item