Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Devidend Payout Ratio (DPR) pada PT Surya Semesta Internusa Tbk Periode Tahun 2011 - 2016

Novianti, Via Herlina (2018) Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Devidend Payout Ratio (DPR) pada PT Surya Semesta Internusa Tbk Periode Tahun 2011 - 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia bisnis di Indonesia, yang mana Investasi merupakan penempatan sejumlah dana dengan harapan memperoleh keuntungan di masa mendatang. Return On Asset (ROA) usaha untuk meningkatkan kekayaan pemegang saham. melalui seluruh pengelolaan seluruh aktiva yang dimiliki. Sedangkan Return On Equity (ROE) merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bersih setelah pajak dengan menunjukan efesiensi dari penggunaan modal sendiri. Kedua rasio diatas diduga bepengaruh terhadap Devidend Payout Ratio (DPR) sebagai persentase dari keuntungan perusahaan yang akan dibayarkan kepada pemegang saham sebagai cash dividend. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh Return On Asset (ROA) secara parsial terhadap Devidend Payout Ratio (DPR) Pada PT. Surya Semesta Internusa Tbk; (2) pengaruh Return On Equity (ROE) secara parsial terhadap Devidend Payout Ratio (DPR) Pada PT. Surya Semesta Internusa Tbk; (3) Pengaruh Return On Asset (ROA) Dan Return On Equity (ROE) secara simultan terhadap Devidend Payout Ratio (DPR) pada PT. Surya Semesta Internusa Tbk. Kerangka berpikir dan teori dalam penelitian ini adalah tingkat keuntungan sebuah perusahaan dapat diketahui melalui rasio profitabilitas. Dalam penelitian ini, ROA dan ROE yang digunakan untuk mengukur atau memberikan informasi kepada para investor akan seberapa besarnya laba yang didapat dari perusahaan tersebut. Dividend Payout Ratio merupakan persentase dari keuntungan perusahaan yang akan dibayarkan kepada pemegang saham sebagai cash dividend. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder laporan keuangan tahunan PT. Surya Semesta Internusa Tbk periode 2011-2016. Analisis data yang digunakan antara lain analisis data deskriptif, asosiatif, komparatif. Hasil penelitian secara parsial koefisien determinasi (R square) pengaruh ROA terhadap DPR sebesar 0,730 atau 7,3% dan ROE terhadap DPR sebesar 0,707 atau 7,07%. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh ROA, ROE terhadap DPR sebesar 0,735 atau 73,5%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 26,5% yang tidak dimasukan dalam penelitian. Hasil akhir diperoleh Ftabel sebesar 9,55 dengan tingkat signifikansi 0,05 atau 5%. Karena Fhitung < Ftabel (4,159 < 9,55), maka H0 diterima dan Ha ditolak yang artinya, Secara simultan terdapat pengaruh tidak signifikan antara Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) terhadap Devidend Payout Ratio (DPR) pada PT. Surya Semesta Internusa Tbk Periode Tahun 2011-2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Asset (ROA);Return On Equity (ROE);Deviden Payout Ratio (DPR)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Business > Data Processing and Analysis of Business
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: via herlina novianti
Date Deposited: 26 Jul 2018 06:46
Last Modified: 26 Jul 2018 06:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11268

Actions (login required)

View Item View Item