Tanggapan peserta didik terhadap pelaksanaan metode pembelajaran aktif tipe indeks card match hubungannya dengan motivasi belajar mereka pokok bahasan sifat-sifat Allah: Penelitian di kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bandung

Asmisuri, Citra Utami (2012) Tanggapan peserta didik terhadap pelaksanaan metode pembelajaran aktif tipe indeks card match hubungannya dengan motivasi belajar mereka pokok bahasan sifat-sifat Allah: Penelitian di kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena di kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bandung, yaitu adanya permasalahan yang menunjukkan masih ditemukannya peserta didik yang mempunyai motivasi belajar rendah, sedangkan guru telah maksimal dalam menyampaikan materi dengan menggunakan metode yang tepat. Dari kesenjangan tersebut, menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan bagaimana realitas tanggapan peserta didik terhadap pelaksanaan metode pembelajaran aktif tipe Indeks Card Match dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan sifat-sifat Allah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bandung terhadap pelaksanaan metode pembelajaran aktif tipe Indeks Card Match, realitas motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan sifat-sifat Allah., dan realitas hubungan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini bertolak dari asumsi metode pembelajaran aktif tipe Indeks Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas. Dari asumsi tersebut diajukan hipotesis semakin positif tanggapan peserta didik terhadap pelaksanaan metode pembelajaran aktif tipe Indeks Card Match, maka semakin tinggi pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan sifat-sifat Allah. Sebaliknya, semakin negatif tanggapan peserta didik terhadap pelaksanaan metode pembelajaran aktif tipe Indeks Card Match, maka semakin rendah pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI pokok bahasan sifat-sifat Allah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi guna untuk memperoleh data kualitatif dan angket untuk mendapatkan data kuantitatif. Angket disebarkan kepada 48 responden yang berasal dari kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bandung. Setelah data terkumpul, kemudian diolah dengan menggunakan analisis statistik parsial dan analisis korelasi. Dari hasil perhitungan variabel X (tanggapan peserta didik terhadap pelaksanaan metode pembelajaran aktif tipe Indeks Card Match) sangat tinggi. Meannya diperoleh angka 55,8:15 = 3,72 termasuk pada kategori tinggi, karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Untuk variabel Y (motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan sifat-sifat Allah) meannya diperoleh angka 55,89:15 = 3,73 termasuk pada kategori tinggi, karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Adapun keterkaitan kedua variabel diperoleh angka 0,99. Apabila diinterpretasikan termasuk kategori sangat tinggi karena berada pada interval 0,80 – 1,00. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh hasil thitung sebesar 47,92 sedangkan ttabel 1,679 dengan taraf signifikansi 5%. Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 86%. Hal ini berarti terdapat faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bandung pada mata pelajaran PAI pokok bahasan sifat-sifat Allah sebesar 14%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sifat-Sifat Allah; Motivasi Belajar; Metode Pembelajaran; Peserta Didik;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:39
Last Modified: 19 Feb 2019 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item