Implementasi pengelolaan retribusi parkir berdasarkan Peraturan Daerah No.4 Tahun 2017 dihubungkan dengan Kepwal No.551/Kep.648-DisHub/2017 Tinjauan Siyasah Maliyah

wulansari, Devi (2018) Implementasi pengelolaan retribusi parkir berdasarkan Peraturan Daerah No.4 Tahun 2017 dihubungkan dengan Kepwal No.551/Kep.648-DisHub/2017 Tinjauan Siyasah Maliyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy

Abstract

Potensi retribusi daerah sebagai sumber utama pendapatan asli daerah sangat besar, akan tetapi potensi tersebut belum optimal karna kurangnya kebijakan dan peraturan yang mendukung kesadaran wajib retribusi masih rendah. Kota Bandung merupakan kota kembang. Yang sebagian tempat keramaian pertokoan, pasar dan wisata bermain, dimana terdapat sarana-sarana yang dapat dijadikan sebagai objek retribusi parkir untuk pemasukan pada keuangan daerah. Menurut keputusan walikota ada 246 titik lokasi parkir yang tersebar di kota bandung, dengan inovasi baru adanya mesin parkir di 58 kawasan dengan jumlah mesin 445 unit dan masih menggunakan manual terdapat 188 Tujuan dari penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui mekanisme Pemungutan Retribusi Parkir di tepi jalan, berdasarkan peraturan daerah no 4 tahun 2017 dan Kepwal.no.551/648-DisHub/2017. (2) Untuk mengetahui penerapan tarif retribusi parkir oleh pengelola parkir, berdasarkan Perda no.4 Tahun 2017, dan (3) untuk mengetahui tinjauan Siyasah Maliyah terhadap implementasi Perda no.4 tahun 2017 dan Kepwal.no.551/648-DisHub/2017 Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa pola kebijakan pemerintah mengenai aspek perekonomian yang menuntut pengaturan salah satunya adalah siyasah maliyah yang membicarakan bagaimana Pemerintah mengatur, mengawasi, serta mengelola suatu negara dalam aspek perekonomian yang diimplementasikan dalam bentuk kebijakan-kebijakan yang mengacu terhadap al-Qur’an dan al-Sunnah serta kaidah-kaidah fiqh siyasah yang dikemas dalam aturan perundang-undangan yang berlaku dengan tujuan untuk memenuhi hajat hidup orang banyak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis,yaitu metode penelitian yang tujuannya memberikan suatu gambaran secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antar fenomena yang diselidiki untuk kemudian dianalitis. Metode pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris yaitu pendekatan penelitian yang membahas bagaimana hukum beroperasi dalam masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) mekanisme pemungutan parkir di kota bandung dengan dua cara, yakni manual dan mesin parkir, akan tetapi yang lebih efektif jika dilihat dari pendapatan retribusi parkir manual lebih banyak di banding dengan mesin elektronik parkir, untuk pemungutannya masih banyak kebocoran yang terjadi dilapang (2) Penerapan tarip parkir sudah diatur dalam Perda no.4 tahun 2017, akan tetapi masih banyak pelanggaran-pelanggaran yang dibuat oleh pengelolala parkir (Jukir) dalam penetapan tarifnya,(3) Kebijakan pemerintah tersebut harus direalisasikan dengan tujuan hukum islam khususnya Hifzh Mal dan mengacu pada prinsip dan kaidah-kaidah siyasah maliyah seperti prinsip keadilan dan maslahah mursalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Retribusi; Parkir;
Subjects: Public Administration > General Publications of Public Administration
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Devi Wulan
Date Deposited: 20 Jul 2018 07:42
Last Modified: 20 Jul 2018 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11217

Actions (login required)

View Item View Item