Manajemen Pembelajaran Al-Qur'an Hadits: Penelitian di MTs Al-Manshuriyah Kabupaten Cianjur

Mariana, Irma (2018) Manajemen Pembelajaran Al-Qur'an Hadits: Penelitian di MTs Al-Manshuriyah Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran yang berkualitas merupakan realisasi dari rancangan yang telah disusun guru mata pelajaran secara rinci di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan Permendiknas No 41 Tahun 2007. Akan tetapi, realitasnya dalam perencanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Manshuriyah Kabupaten Cianjur guru masih mengalami kesulitan dalam penyusunannya, serta masih membutuhkan pengarahan dan pelatihan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana latar alamiah MTs Al-Manshuriyah Kabupaten Cianjur; perencanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Manshuriyah Kabupaten Cianjur; pengorganisasian pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Manshuriyah Kabupaten Cianjur; pemotivasian pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Manshuriyah Kabupaten Cianjur; pengawasan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Manshuriyah Kabupaten Cianjur; faktor penghambat dan penunjang manajemen pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Manshuriyah Kabupaten Cianjur; serta hasil manajemen pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Manshuriyah Kabupaten Cianjur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori manajemen pembelajaran melalui pendekatan fungsi manajemen yang dikemukakan oleh John F. Mee yaitu planning, organizing, motivating and controlling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data tersebut dilakukan dengan cara unitisasi data, kategorisasi data dan penafsiran data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan manajemen pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Manshuriyah Kabupaten Cianjur terdiri dari 4 aktivitas, yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran yang meliputi penyusunan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran dan menyiapkan sumber belajar; (2) Pengorganisasian dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits meliputi kegiatan pembuka, inti dan penutup; (3) Pemotivasian pembelajaran Al-Qur’an Hadits dilakukan guru mata pelajaran berupa pemberian angka, pujian, dan adanya reward; (4) Pengawasan dalam pembelajaran dilakukan oleh tenaga pendidik dan kepala madrasah untuk memantau proses pembelajaran. Faktor penghambat pembelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu kurangnya pemahaman tenaga pendidik dalam perencanaan pembelajaran, kurangnya motivasi peserta didik, serta pengelolaan kelas yang kurang. Faktor penunjang pembelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu jumlah tenaga pendidik yang memadai, metode pembelajaran yang sesuai kebutuhan peserta didik, serta sarana dan prasarana yang menunjang. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti merekomendasikan adanya pelatihan dalam pengelolaan pembelajaran, perbaikan atau pengadaan kembali sarana dan prasarana yang rusak, serta inovasi dalam pengelolaan kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembelajaran; Al-Qur'an Hadits
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irma Mariana
Date Deposited: 17 Jul 2018 01:58
Last Modified: 17 Jul 2018 01:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11212

Actions (login required)

View Item View Item