Persepsi siswa terhadap suasana religius dalam keluarga hubungannya dengan perilaku mereka sehari-hari di sekolah: penelitian di SMP Negeri I Jasinga Kab. Bogor

Saepulloh, Asep (2009) Persepsi siswa terhadap suasana religius dalam keluarga hubungannya dengan perilaku mereka sehari-hari di sekolah: penelitian di SMP Negeri I Jasinga Kab. Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar_isi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB IV)
bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar_pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Suasana kehidupan keluarga sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan kepribadian anak, baik dalam pembentukan diri maupun pribadinya. Upaya membimbing anak menuju kematangan diri dan pribadinya merupakan tanggung jawab orangtua, sehingga suasana kehidupan keluarga dan aktivitas orangtua dalam menghiasi kehidupan keluarganya sangat berpengaruh terhadap kepribadian anak-anak mereka. Dan yang diciptakan oleh orangtua untuk yang pertama kalinya adalah suasana kehidupan agama, karena agama merupakan bekal pegangan hidup anak di kehidupan selanjutnya. Apabila anak sudah memiliki persepsi yang baik terhadap suasana kehidupan keluarganya, maka hal tersebut akan menjadi dorongan untuk berperilaku positif karena suasana dan keadaan kehidupan keluarganya telah menerap dan mengendap dalam diri anak, sehingga mudah bagi anak dalam mencerminkan perilaku yang positif begitu juga sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas hubungan antara persepsi siswa terhadap suasana religius keluarganya dengan perilaku mereka sehari-hari di sekolah di SMP Negeri I Jasinga. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa baik buruknya perilaku siswa di sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor, sedangkan perilaku merupakan bagian dari kepribadian yang akan dinilai orang lain. Dan peran orangtua dalam menciptakan kehidupan keagamaan dalam keluarga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku anak sebab, anak berperilaku berdasarkan atas persepsinya tentang suasana kehidupan keluarganya. Dengan membatasi kasus yang terdapat di SMPN I Jasinga, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik suasana religius keluarga, semakin baik pula perilaku siswa di sekolah, demikian juga sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan. Sedangkan analisis datanya menggunakan dua pendekatan yaitu analisis parsial dan korelasional. Dikarenakan variabel X dan Y berdistribusi normal dan linier, maka digunakan rumus korelasi Product Moment. Secara keseluruhan rata-rata skor persepsi siswa terhadap suasana religius keluarga adalah 3,62. Apabila dilihat dalam skala lima absolute, angka ini termasuk kualifikasi tinggi atau baik, karena berada pada interval 3,5–4,2. Sedangkan rata-rata skor perilaku siswa di sekolah adalah 4,09 termasuk kualifikasi tinggi atau baik, karena berada pada interval 3,5–4,2. Dengan menggunakan analisis korelatif menunjukkan bahwa keterkaitan antara kedua variabel adalah sebesar 0,57. Angka ini termasuk dalam kategori sedang atau cukup, karena berada pada interval antara 0,40-0,70. Sedang kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 18%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: smpn 1 Jasinga; akhlak; keluarga; Persepsi Siswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 01:20
Last Modified: 27 Jan 2020 07:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item View Item