Sikap siswa terhadap penerapan model inside-outside circle hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi sumber hukum Islam: Penelitian pada siswa kelas X TEI SMK Negeri 1 Rengasdengklok Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang

Haris, Faisal (2013) Sikap siswa terhadap penerapan model inside-outside circle hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi sumber hukum Islam: Penelitian pada siswa kelas X TEI SMK Negeri 1 Rengasdengklok Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di SMK Negeri 1 Rengasdengklok Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang, yakni adanya kesenjangan tingginya sikap siswa terhadap penerapan model inside-outside circle dalam pembelajaran dengan rendahnya motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) realitas sikap siswa terhadap penerapan model inside-outside circle; 2) realitas motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI; dan 3) realitas sikap siswa terhadap penerapan model inside-outside circle hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi sumber hukum Islam. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI antara lain dipengaruhi oleh tinggi rendahnya (positif/negatifnya) sikap siswa terhadap penerapan model inside-outside circle. Dari asumsi tersebut dirumuskan hipotesisnya, jika sikap siswa terhdap penerapan model inside-outside circle yang digunakan dalam pembelajaran PAI materi sumber hukum islam positif, motivasi belajar siswa akan tinggi.�sebaliknya� jika sikap siswa terhadap penerapan model inside outside circle yang digunakan dalam pembelajaran PAI materi sumber hukum islam negatif, maka motivasi belajar siswa akan rendah. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi pustaka. Penyebaran angket ditujukan kepada 50 orang responden di SMK Negeri 1 Rengasdengklok kelas X TEI, sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa sikap siswa terhadap penerapan model inside-outside circle termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata = 3,89, sedangkan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi sumber hukum Islam termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata = 3,18. Adapun hubungan antara variabel X terhadap variabel Y diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,44. Selanjutnya hasil uji hipotesis diperoleh harga thitung (9,80) > ttabel (1,67). Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap siswa terhadap penerapan model inside-outside circle dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Kadar pengaruhnya sebesar 11%. Jadi masih terdapat 89% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Hukum Islam;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 01:03
Last Modified: 18 Jul 2019 07:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1112

Actions (login required)

View Item View Item