Aktivitas siswa pada penerapan full day and boarding school system hubungannya dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak: Penelitian di MA PERSIS Benda - Tasikmalaya

Sidik, Dikdik Firman (2013) Aktivitas siswa pada penerapan full day and boarding school system hubungannya dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak: Penelitian di MA PERSIS Benda - Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Aktivitas belajar merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam mencapai suatu tujuan, salah satu faktor penunjang tercapainya tujuan pendidikan adalah adanya aktivitas. Berdasarkan studi pendahuluan, menurut informasi dari Kepala Sekolah MA PERSIS Benda – Tasikmalaya, bahwa Full Day and Boarding School System mampu mengarahkan siswa pada aktivitas-aktivitas yang berpengaruh terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak. Pernyataan ini mesti ada pembuktian ilmiah dengan dilakukannya penelitian. Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dirumuskan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas aktivitas siswa pada penerapan Full Day and Boarding School System, realitas prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan hubungan dari keduanya. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dipengaruhi oleh aktivitas siswa pada penerapan Full Day and Boarding School System, dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis, semakin tinggi aktivitas siswa pada penerapan Full Day and Boarding School System, semakin tinggi pula prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Untuk membuktikan hipotesis tersebut diadakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini diambil 10% dari 303 orang menjadi 30 orang siswa MA PERSIS Benda - Tasikmalaya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan observasi, wawancara, angket, dan menyalin dokumen nilai. Kemudian untuk menganalisis datanya digunakan dua pendekatan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi dan menghasilkan dua variabel X dan variabel Y. Setelah dianalisis variabel X dan variabel Y normal, karena kedua variabel berdistribusi normal maka analisis linieritas regresinya menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan variabel X (Aktivitas Siswa pada Penerapan Full Day and Boarding School System) termasuk kategori baik. Hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata jawaban mereka terhadap 15 item angket yang diajukan, mencapai nilai sebesar 3,89. Angka tersebut berada pada interval 3,5-4,5. Dan hasil perhitungan variabel Y (prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak) termasuk kategori baik. Hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata dari 30 siswa, mencapai nilai sebesar 78,97. Angka tersebut berada pada interval 70-79. Sedangkan hasil perhitungan hubungan antara aktivitas siswa pada penerapan full day and boarding school system dengan Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah diperoleh angka sebesar 0,78 dengan kualifikasi tinggi karena berada diantara 0,70 – 0,90. Hasil uji hipotesisnya membuktikan bahwa harga thitung = 6,59 > ttabel = 2,55, sehingga thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5%. Artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima, maka terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Dilihat dari kadar pengaruhnya variabel devenden diketahui sebesar 39.16%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aqidah Akhlak; Prestasi Belajar Siswa; full day and boarding school system;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 00:58
Last Modified: 28 Jun 2019 08:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item