Kompetensi guru fisika berdasarkan Pedagogical Content Knowledge (PCK)dengan menggunakan model Shulman pada pembelajaran Momentum dan Impuls: Studi wacana kelas pada pembelajaran fisika di SMAN 1 Cisaat

Nurasiah, Muti (2018) Kompetensi guru fisika berdasarkan Pedagogical Content Knowledge (PCK)dengan menggunakan model Shulman pada pembelajaran Momentum dan Impuls: Studi wacana kelas pada pembelajaran fisika di SMAN 1 Cisaat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi guru fisika yang profesional dapat terukur melalui PCK. Teori PCK model Shulman menjelaskan tujuh pengetahuan yang harus dimiliki oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi guru fisika pada pembelajaran momentum dan impuls serta mendeskripsikan kompetensi guru fisika berdasarkan PCK model Shulman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis wacana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi yang sudah dikuasai dengan baik oleh guru adalah kategori pengetahuan materi subjek, pengetahuan konten pedagogi, pengetahuan kurikulum, pengetahuan strategi mengajar, dan pengetahuan konteks pembelajaran. Kompetensi yang belum dikuasai dengan baik yaitu pada kategori pengetahuan pedagogi umum, pengetahuan konten pedagogi, serta pengetahuan pembelajar dan karakteristiknya. Analisis dilakukan dengan melihat setiap indikator pada komponen PCK model Shulman yang dikuasai oleh guru. Penelitian ini merekomendasikan penerapan PCK model Shulman oleh guru fisika maupun guru mata pelajaran lain untuk mendukung keberhasilan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fisika; PCK; PCK model Shulman; kompetensi guru fisika; momentum; impuls
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Muti Muti Nurasiah
Date Deposited: 12 Jul 2018 07:57
Last Modified: 12 Jul 2018 07:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11109

Actions (login required)

View Item View Item