Pengaruh Dukungan Sosial Informasi terhadap Perencanaan Orientasi Masa Depan Bidang Pendidikan pada Siswa SMAN X

Nurasri, Candra Dewi (2018) Pengaruh Dukungan Sosial Informasi terhadap Perencanaan Orientasi Masa Depan Bidang Pendidikan pada Siswa SMAN X. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan untuk masa depan merupakan hal penting yang harus dimiliki remaja sebagai bentuk persiapannya dalam mempersiapkan masa depan. Masa depan yang menjadi perhatian utama remaja salah satunya adalah pendidikan. Remaja di SMAN 12 Garut belum memiliki perencanaan orientasi masa depan yang jelas khususnya dalam bidang pendidikan, banyak siswa yang masih bingung dalam menentukan masa depannya dan belum mengetahui informasi tentang pendidikan tinggi. Orientasi masa depan salah satunya dapat dipengaruhi oleh dukungan sosial. Dukungan sosial teridiri dari dukungan dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan penilaian dan dukungan informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dukungan sosial informasi terhadap perencanaan orientasi masa depan bidang pendidikan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 89 orang siswa SMAN 12 Garut yang diambil dengan menggunakan teknik sampling berstrata. Metode yang dipakai adalah metode kuantitatif cross-sectional. Adapun uji statistik yang digunakan ialah regresi ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh dukungan sosial informasi terhadap perencanaan orientasi masa depan ialahsebesar 19.9%. Orangtua merupakan sumber yang memberikan pengaruh paling yaitu sebesar 19.5%, sedangkan teman merupakan sumber yang memberikan pengaruh paling kecil yaitu sebesar 3.7 %. Adapun model regresi yang dihasilkan ialah Y’=27.312 + 12.834X, artinya setiap penambahan 1 poin tingkat dukungan sosial informasi maka perencanaan orientasi masa depan bidang pendidikan pun akan meningkat sebesar 12.834.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial informasi; orientasi masa depan bidang pendidikan;remaja
Subjects: Psychology
Psychology > Education of Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Candra Dewi Nurasri
Date Deposited: 17 Jul 2018 10:06
Last Modified: 17 Jul 2018 10:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11104

Actions (login required)

View Item View Item