Penerapan model pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan penjajahan Belanda di Indonesia: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas V MI Matlaul Atfal Cilengkrang

Sofiyani, Annisa (2018) Penerapan model pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan penjajahan Belanda di Indonesia: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas V MI Matlaul Atfal Cilengkrang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan pada pembelajaran IPS di MI Matlaul Atfal Cilengkrang Kota Bandung bahwa selama proses pembelajaran berlangsung, kegiatan belajar siswa hanya sebatas duduk, mendengarkan, dan menulis kembali materi yang dipaparkan oleh guru, kemudian proses pembelajarannya pun itu cenderung berpusat pada guru (Teacher Centered). Peserta didik jarang sekali untuk mengajukan pertanyaan ataupun menanggapi apa yang diutarakan oleh guru sehingga siswa lebih cenderung pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi penjajahan belanda di Indonesia sebelum diterapkan dan sesudah menggunakan model Active Learning Tipe Team Quiz di kelas V MI Matlaul Atfal. Penelitian ini menggunakan model Active Learning Tipe Team Quiz yang sudah di asumsikan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Karena model Team Quiz memiliki kelebihan diantaranya : (1) dapat meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik dalam suasana yang menyenangkan (2) Adanya kerja sama yang baik dalam team setiap kelompoknya (3) siswa akan senantiasa berusaha belajar dengan motivasi yang tinggi agar dapat memperoleh nilai yang tinggi dalam pertandingan (4) tidak mengancam atau membuat siswa takut dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari empat tahap secara berulang, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrument lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Subjek penelitiannya yaitu siswa di kelas V MI Matlaul Atfal Cilengkrang Kota Bandung dengan jumlah siswa 21 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Team Quiz hanya mencapai 34 dengan kategori kurang aktif. Proses pendekatan dengan model Active Learning Tipe Team Quiz terlaksana dengan baik, hal ini ditandai dengan rata-rata aktivitas mengajar guru yaitu 80% dengan kategori sangat baik. Sedangkan setelah proses pembelajaran setelah penerapan model pembelajaran Team Quiz, rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan ke-I 48 (cukup aktif), siklus I pertemuan ke-2 53 (cukup aktif), siklus II pertemuan ke-I 57 (cukup aktif) dan siklus II pertemuan ke-2 67 (aktif). Hasil rata-rata aktivitas belajar pada seluruh rngkaian pembelajaran di siklus I mencapai 51, sementara pada seluruh rangkaian pembelajaran pada siklus II menncapai 62, itu artinya aktivitas belajar siswa sebelum penerapan model Active Learning tipe Team Quiz dengan data hasil sebesar 34 mengalami peningkatan setelah penerapan model Active Learning Tipe Team Quiz.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Annisa Sofiyani
Date Deposited: 17 Jul 2018 03:55
Last Modified: 17 Jul 2018 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11099

Actions (login required)

View Item View Item