Tanggapan siswa terhadap usaha guru dalam menumbuhkan minat belajar hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian di kelas 2 SMP Negeri I Talaga Kabupaten Majalengka

Rakhman, Iip Arip (2007) Tanggapan siswa terhadap usaha guru dalam menumbuhkan minat belajar hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian di kelas 2 SMP Negeri I Talaga Kabupaten Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)

Abstract

Pendidikan adalah tahapan mengubah sikap melalui upaya pengajaran yang disampaikan melalui cara-cara yang tepat dan cepat untuk diterima oleh siswa. Karena itu guru sebagai pemegang peranan utama dalam mewujudkan proses belajar mengajar, dituntut untuk mampu membangkitkan minat belajar siswa dengan,menggunakan metode yang tepat untuk dapat diterima oleh siswa. Sehingga pada gilirannya akan ditanggapi siswa dan berpengaruh kepada prestasi kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap usaha guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa prestasi kognitif akan dipengaruhi oleh tanggapannya terhadap usaha guru dalam menumbuhkan minat belajar, karena itu hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tanggapan siswa terhadap usaha guru dalam menumbuhkan minat belajar, maka semakin tinggi pula prestasi kognitif mereka dan sebaliknya.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif yang mengunakan alat pengumpul datanya dengan observasi, wawancara, angket dan tes.Pendekatan analisis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan logika dan kuantitatif dengan statistika. Berdasarkan hasil pengolahan data dihasilkan rata-rata variabel X adalah 3,55 dan varibel Y adalah 75,76. Sedangkan hubungan antara kedua variabel ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,48. Angka ini terletak antara 0,41 – 0,60 termasuk pada kategori sedang dan pengaruh antara variabel X dengan variabel Y sebesar 23%. Hal ini menunjukkan bahwa 77% faktor lain yang mempengaruhi prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas 2 SMP Negeri I Talaga Kab. Majalengka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam; Siswa; guru;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2016 04:58
Last Modified: 05 Sep 2019 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1104

Actions (login required)

View Item View Item