Model Penyajian Pesan Dakwah Melalui Media Sosial Instagram : Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Desain Grafis Akun Official @kartun.muslimah

Isabellita, Isabellita (2018) Model Penyajian Pesan Dakwah Melalui Media Sosial Instagram : Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Desain Grafis Akun Official @kartun.muslimah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
halaman depan.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (785kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini berdasar pada pemikiran bahwa kurangnya penelitian yang meneliti sesuai dengan konsentrasi khitabah, salah satu penelitian yang sesuai dengan konsentrasi adalah penelitian menggunakan media sosial. Instagram merupakan bagian dari media sosial. Instagram lebih menekankan konsep desain grafis atau yang lebih dikenal dengan desain komunikasi visual yang dihubungkan dengan disiplin ilmu komunikasi yaitu komunikasi visual. Disertai dengan pemilihan akun yang mengarah kepada nilai dakwah. Akun tersebut adalah akun instagram @kartun.muslimah. Permasalahan diteliti berkenaan dengan pesan dakwah yang dibagikan melalui gambar akun instagram @kartun.muslimah dan penyajian pesan dakwah yang dikaitkan dengan unsur desain grafis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik analisis isi (Content Analisys). Hasil penelitian diketahui akun instagram @kartun.muslimah memposting gambar berkaitan dengan pesan akidah, syariah, dan akhlak. Adapun penyajian pesan dakwahnya diketahui berdasar dengan objek dan teksnya dan adapula yang berdasar dari teksnya saja, diikuti dengan unsur komunikasi visual yaitu garis, bentuk, tekstur, gelap terang, ukuran, warna, tipografi dilihat dengan dua prinsip komunikasi visual yaitu keseimbangan (Balance) dan kesatuan (Unity). Selain itu peneliti juga menganalisis makna materi dakwah. Hasil yang didapatkan oleh peneliti adalah dalam setiap karya-karya desain garis tersebut terdapat makna tersirat. Makna tersebut mengandung materi dakwah yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Sehingga peneliti klasifikasi tersebut sesuai dengan materi dakwah. Klasifikasi materi dakwa tersebut antara lain adalah Akidah, Syariah dan Akhlak. Kemudian terdapat inovasi dakwah, seperti terdapat unsur baru dan daya tarik dakwah yang dapat mendukung berkembangnya dakwah dalam bidang khitabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model; Penyajian pesan; Desain Grafis; Media sosial; Instagram
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Color Arts
Photography and Photographs > Dictionaries and Encyclopedia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: S.Sos isabellita rizlieavani
Date Deposited: 11 Jul 2018 07:56
Last Modified: 11 Jul 2018 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11012

Actions (login required)

View Item View Item