Layanan Bimbingan Akademik dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa : Penelitian pada Mahasiswa BKI Angkatan 2015

Zakiyatunufus, Ridhi Antika (2018) Layanan Bimbingan Akademik dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa : Penelitian pada Mahasiswa BKI Angkatan 2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Prestasi Belajar dapat di pengaruhi berbagai faktor yaitu dapat dari intrinsik maupun ekstrinsik salah satu faktor yang berpengaruh yaitu peran pembimbing akademik. Pembimbing akademik tersebut secara luas bertujuan untuk membina dan mengarahkan mahasiswa agar pada proses perkuliahan dapat terencana, terlaksana, dan terpantau baik dalam ranah kognisi, apeksi maupun psikomotoriknya. Pelaksanaan bimbingan mulai dari merencanakan studi yang tertuang dalam kartu rencana studi (KRS). Kemudian pada proses perkuliahan berjalan, dan Setiap pasca Ujian Akhir Semester (UAS), dilakukan evaluasi bersama dengan bahan Kartu Hasil Studi (KHS) untuk merencanakan pada semester berikutnya. Dengan demikian, berbagai kesulitan studi mahasiswa dapat terbantu oleh saran dan informasi dari pembimbing studi sehingga mencapai gelar sarjana. Namun pada realitanya berdasarkan hasil observasi awal selama ini proses layanan bimbingan akademik di perguruan tinggi hanya dilakukan ketika awal/akhir semester, tak terkecuali di Fakultas Dakwah dan Komunikasi sama halnya dengan yang lain, hanya sebatas validasi, yaitu hanya sebatas konsultasi dan tanda tangan pengisian formulir kartu rencana studi (KRS), sehingga pertemuan antara mahasiswa dan dosen pembimbing akademik masih rendah dan efektifitas peran serta fungsinya menjadi tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan akademik di Fakultas Dakwah dan Komunikasi khususnya di Jurusan Bimbingan Konseling Islam, dan untuk mengetahui prestasi akademik mahasiswa setelah melakukan layanan bimbingan akademik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi dan studi kasus, populasi dalam penelitian ini adalah Dosen Pembimbing Akademik dan mahasiswa–mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Dari beberapa populasi tersebut di ambil beberapa sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan sumber data primer dan sekunder, sumber data primer telah ditentukan yaitu mahasiswa Bimbingan Konseling Islam angkatan 2015, dan sumber data sekunder telah ditentukan 10 dosen pembimbing akademik, juga dokumen-dokumen akademik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara, angket dan studi pustaka yang di analisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa layanan bimbingan akademik yang diberikan oleh dosen pembimbing terhadap mahasiswa Bimbingan Konseling Islam menggunakan metode langsung atau wawancara secara face to face, pelaksanaannya dilakukan di akhir semester dan ketika akan memasuki semester baru. Kemudian ada hubungan yang bermakna antara layanan bimbingan akademik dalam meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Kesimpulan nya prestasi akademik mahasiswa sebagian besar dipengaruhi oleh peran pembimbing akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Akademik; Prestasi Akademik; Mahasiswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ridhi Antika Zakiyatunufus
Date Deposited: 11 Jul 2018 07:02
Last Modified: 11 Jul 2018 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10957

Actions (login required)

View Item View Item