Pengaruh Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja terhadap Akuntabilitas pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang

Saetur Asih, Dede (2018) Pengaruh Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja terhadap Akuntabilitas pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy

Abstract

Anggran Berbasis Kinerja adalalah penyusunan anggaran yang didasarkan atas perencanaan kinerja, yang terdiri dari program dan kegiatan yang akan dilaksanakan serta indikator kinerja yang ingin dicapai oleh suatu entitas anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Anggran Berbasis Kinerja terhadap Akuntabilitas Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deddi Nordiawan (2010:85) terkait dimensi Anggran Berbasis Kinerja dalam variabel indevenden (X) diantaranya meliputi Clear, Relevant, Economic, Adequate dan Monitirable. Untuk Akuntabilitas dalam variabel dependen (Y) peneliti menggunakan dimensi dari Mardiasmo (2009:22) yang terdiri dari Akuntabilitas Kejujuran dan Hukum,Akuntabilitas Proses, Akuntabilitas Program, dan Akuntabilitas Kebijkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan data kuantitatif. Tekhnik yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan angket kepada 86 responden guna mendapatkan data sekunder dan informasi yang dibutuhkan. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan uji t. Berdasarkan persamaan regresi linier sederhana dapat dianalisis yaitu konstanta sebesar 7,385 artinya jika anggaran berbasis kinerja nilainya adalah 0, maka akuntabilitas (Y) sebesar 7,385%. Koefisien regresi variabel anggaran berbasis kinerja sebesar 0,553 artinya jika anggaran berbasis kinerja mengalami kenaikan sebesar 1%, maka akuntabilitas (Y) akan mengalami kenaikan sebesar 0,553%. Disimpulkan bahwa koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan yang positif antara anggaran berbasis kinerja dengan kualitas akuntabilitas. Berdasarkan tabel koefisien determinasi diperoleh angka R2 sebesar 0,812 atau (65,9%). Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh anggaran berbasis kinerja terhadap akuntabilitas sebesar 65,9%, sedangkan sisa sebesar 34,1% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain, dari nilai koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang cukup tinggi dari pengaruh anggaran berbasis kinerja terhadap akuntabilitas pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang. Berdasarkan hasil pengolahan data uji t, diperoleh t hitung sebesar 12.748. Tabel distribusi t dicari α = 5% dengan derajat keabsahan df (n-2) / (86-2) = 84, maka diperoleh untuk t tabel sebesar 1.988. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (12.758 > 1.988), artinya bahwa anggaran berbasis kinerja berpengaruh terhadap akuntabilitas pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Anggaran Berbasis Kinerja;Akuntabilitas
Subjects: Public Administration > General Publications of Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Dede Saetur Asih
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:18
Last Modified: 11 Jul 2018 04:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10953

Actions (login required)

View Item View Item