Strategi dan Akselerisasi Peningkatan Mutu Jurusan/Program Studi di Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi

Subandi, Muhammad and Kodir, Abdul and Taufikurahman, Taufikurahman and Rusdiana, A. (2011) Strategi dan Akselerisasi Peningkatan Mutu Jurusan/Program Studi di Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi. Project Report. Lembaga Penelitian UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.

[img]
Preview
Text
04-Strategi Akselerasi Prodi FST 2011.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini, mengkaji Strategi Dan Akselerisasi Peningkatan Mutu Jurusan/Program Studi Di Lingkungan Fakultas Sains Dan Teknologi. Diketahui, bahwa Peningkatan mutu Program Studi menjadi persoalan manakala sumberdaya pendukung keseluruhan sistem program studi/jurusan menunjukkan gejala yang rendah. Persoalan ini bertumpu pada komponen-komponen manakah yang menjadi penyebab rendahnya mutu Program Studi?, dan pengelolaan yang bagaimana jika terdapat gejala yang rendah?. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini, menujukan bawa: Kondisi Internal; (a) Kerja Sama yang baik antar dosen dan karyawan, (b) Input Mahasiswa yang selektif, (c) Dosen yang mempunyai banyak pengalaman praktis, (d) Banyaknya kerja sama yang telah dilakukan dengan lembaga luar dapat meningkatkan mutu dosen dan mahasiswa dengan sistem link & macth. Kondisi Eksternal; (a) kerjasama dengan Lembaga swasta dan pemerintah yang berhubungan erat dengan disiplin ilmu dalam hal penyediaan tenaga ahli telah meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa, (b) Dengan adanya pembangunan gedung baru dan fasilitas baru memungkinkan pengembangan laboratorium secara professional bisa terwujud, (c) Banyaknya program besasiswa dari Pemerintah dan Asing yang mengarah kepada pembinaan dan peningkatan kualitas dosen belum termanfaatkan. Komponen-komponen yang mendukung untuk peningkatan mutu jurusan yaitu: Manajemen dan Kelembagaan: (1) Penyelenggaraan sistem penjaminan mutu di tingkat program studi, (2) Penyelenggaraan manajemen kelembagaan yang mengacu kepada indikator kinerja yang jelas, (3) Pengembangan kerjasama dengan kalangan industri sebagai upaya berkelanjutan meningkatan kompetensi dosen dan lulusan, (4) Pengembangan kerjasama dengan penyelenggara pendidikan di dalam dan luar negeri, (4) Penyelenggaraan kerjasama dengan asosiasi-asosiasi keahlian. Kendala yang dihadapi peningkatan mutu jurusan/program studi adalah (a) Belum adanya mekanisme kontrol terhadap indikator keberhasilan. (b) Keterbatasan SDM dibandingkan dengan jumlah pekerjaan yang tinggi. (c) Tradisi Akademik yang masih mencari pola karena masih baru. (d) Masih terbatasnya program-program untuk peningkatan kualitas SDM terutama berkaitan dengan PBM. (e) Masih kurangnya informasi dalam pengembangan SDM. (f) Mekanisme evaluasi kinerja dosen belum berjalan secara maksimal. (g) Belum adanya gedung sendiri menyebabkan keterbatasan penyediaan sarana dan prasarana akademik. (h) Masih terbatasnya tenaga dosen, menyebabkan banyak dosen luar biasa/kontrak yang harus diambil (i) Banyaknya beban SKS di setiap dosen, sehingga konsentrasi pada hasil karya ilmiah dan penelitian kurang maksimal. Langkah-langkah upaya yang telah dilaksanakan dalam peningkatan mutu jurusan/program studi sebagai berikut, (a) pengembangan dan penataan lembaga pelaksana akademik dan penunjang akademik, jurusan, program studi, laboratorium, studio, kebun percobaan, kebun praktek, perpustakaan. (b) pembinaan, pengawasan dan pengendalian pegawai berkala berbasis kinerja dan produktivitas peningkatan pelaksanaan anggaran secara terencana, efektif dan efisein (c) peningkatan pelaksanaan anggaran secara terencana, efektif dan efisein, (d) mampu menggalang dana untuk program akademik dari luar institusi melalui kontrak kerja, kemitraan, hasil penelitian, karya akademik, dan pendayagunaan sumber daya yang dimiliki, (e) meningkatnya kuantitas dan kualitas referensi, (f) seminar dan lokakarya penyusunan Kurikulum semua program studi sesuai kebutuhan mahasiswa dan pasar, (g) pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran, (h) Meningkatnya kualitas dan kuantitas hasil penelitian, (i) penyusunan strategi pengabdian kepada masyarakat berbasis pemberdayaan, (j) Pemantapan & optimalisasi kerjasama dengan berbagai pihak (dalam dan luar negeri) yang telah menandatangan MoU dengan UIN, (k) mengembangkan Sistem Informasi Terpadu, yang mencakup sistem informasi akademik, kepegawaian, administrasi, sarana prasarana, pendanaan, kerjasama, dan lainnya, (l) menetapkan sasaran mutu, memonitor dan evaluasi pencapaian mutu di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, SDM, kinerja, administrasi, pendanaan, infrastruktur, dan semua unsur penunjang lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Education, Research
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2018 12:57
Last Modified: 01 Jul 2020 02:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10941

Actions (login required)

View Item View Item