Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui strategi pembelajaran Slim-N-Bil: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII-A SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru

Supriyadi, Edi (2012) Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui strategi pembelajaran Slim-N-Bil: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII-A SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Kemampuan komunikasi pada pelajaran matematika dapat menjadikan keadaan kelas aktif dengan berbagai ide dan gagasan yang disampaikan siswa. Selain itu, kemampuan komunikasi siswa berdampak terhadap psikologis siswa yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajarnya. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi matematika sebaiknya dilatihkan serta dimunculkan sejak anak didik belajar matematika di Sekolah Dasar. Akan tetapi realita di lapangan, guru masih belum memanfaatkan komunikasi matematika dalam pembelajaran matematika. Hal ini menyebabkan kemampuan komunikasi matematika siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu, perlu dicari model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Salah satu pembelajaran yang diperkirakan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa, yaitu menggunakan Strategi Pembelajaran SLIM-N-BIL. Strategi Pembelajaran SLIM-N-BIL (Spatial-visual, Linguistic, Interpersonal, Musical, Naturalist, Bodily-kinesthetic, Intrapersonal, Logical-mathematical) merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang bisa diterapkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa dengan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran SLIM-N-BIL. Untuk mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, penelitian ini menelaah: (a) proses pengelolaan belajar mengajar matematika yang menggunakan pembelajaran SLIM-N-BIL; (b) kemampuan komunikasi matematika siswa pada tiap siklus melalui pembelajaran SLIM-N-BIL; (c) kemampuan komunikasi matematika siswa setelah mengikuti seluruh siklus melalui pembelajaran SLIM-N-BIL; dan (d) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pembelajaran SLIM-N-BIL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes yaitu tes tiap siklus dan tes akhir, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, serta skala sikap siswa untuk melihat sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pembelajaran SLIM-N-BIL. Hasil yang diperoleh adalah: (a) aktivitas siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, presentase aktivitas siswa paling tingi terdapat pada siklus III yaitu sebesar 87,167. Sedangkan aktivitas guru selama proses pembelajaran selalu berpijak pada tahap-tahap pembelajaran yang telah direncanakan. (b) Rata-rata presentase kemampuan komunikasi matematika siswa pada siklus I sebesar 65,67% dengan kriteria cukup, siklus II sebesar 79.61% dengan kriteria baik, dan siklus III sebesar 78% dengan kriteria baik. (c) kemampuan komunikasi matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran SLIM-N-BIL menunjukkan pada kriteria baik yaitu 86,67% dan (d) sikap siswa terhadap pembelajaran SLIM-N-BIL secara keseluruhan adalah positif. Hal ini terlihat dari rata-rata skor sikap siswa lebih besar daripada skor sikap netral siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematika; Strategi Pembelajaran; Slim-N-Bil;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2016 01:43
Last Modified: 22 Feb 2019 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item