Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Bekasi

Sa'diyah, Ai (2018) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah mempunyai peranan penting dalam mencapai keberhasilan madrasah. Kepemimpinan kepala madrasah merupakan kemampuan dalam mempengaruhi, mengarahkan, mengkoordinasikan, dan memberi motivasi kepada guru dalam menjalankan perannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Dalam menjalankan salah satu perannya, kepala madrasah sebagai motivator dituntut untuk mampu memberikan motivasi kepada guru. Motivasi kerja guru merupakan suatu proses yang dilakukan kepala madrasah dalam menggerakkan guru agar berperilaku dan bekerja sesuai dengan yang diarahkan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil MTs Al-Falah Bekasi, kepemimpinan Kepala MTs Al-Falah Bekasi, kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MTs Al-Falah Bekasi, faktor pendukung dan faktor penghambat kepala madrasah dalam memotivasi guru di MTs. Al-Falah Bekasi, serta hasil yang dicapai kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MTs Al-Falah Bekasi. Adapun teori motivasi yang digunakan adalah teori motivasi menurut Abraham H. Maslow dengan teori hierarki yang mengatakan bahwa kebutuhan manusia itu dapat diklasifikasikan ke dalam lima hierarki kebutuhan, yaitu: (1) Kebutuhan fisiologikal; (2) Kebutuhan rasa aman; (3) Kebutuhan sosial; (4) Kebutuhan penghargaan; (5) Kebutuhan aktualisasi diri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif merupakan pengumpulan seluruh data melalui kata-kata atau gambar dan bukan angka-angka dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan Kepala MTs Al-Falah Bekasi ialah bersifat demokratis dan otoriter; (2) Kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MTs Al-Falah Bekasi melalui tiga cara yaitu, memberikan kalimat-kalimat motivasi baik secara langsung atau tidak langsung, melakukan pendekatan dan pembinaan secara individu dan kelompok, melakukan pendidikan dan latihan. Faktor pendukung kepala madrasah dalam memotivasi guru di MTs Al-Falah Bekasi ialah adanya media sosial serta peran aktif guru dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan. Faktor penghambat kepala madrasah dalam memotivasi guru di MTs Al-Falah Bekasi ialah sikap beberapa guru yang masih tertutup sehingga menyulitkan kepala madrasah dalam mengetahui persoalan yang sedang dihadapi. ABSTRACT Ai Sa'diyah: Leadership of Madrasah Principals in Improving Teacher Work Motivation (Research In Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Bekasi) The leadership of the head of the madrasah has an important role in achieving the success of madrasah. The leadership of madrasah head is the ability to influence, direct, coordinate, and motivate the teacher in performing its role in accordance with the main task and function. In performing one of his roles, the head of the madrasah as a motivator is required to be able to provide motivation to the teacher. Teacher work motivation is a process done by the head of madrasah in moving teachers to behave and work in accordance with which is directed to achieve the set goals. The purpose of this research is to find out the profile of MTs Al-Falah Bekasi, the leadership of MTs Al-Falah Bekasi, head of madrasah in improving teacher work motivation in MTs Al-Falah Bekasi, supporting factor and inhibiting factor of madrasah head in motivating teachers in MTs Al-Falah Bekasi, and the results achieved by the head of madrasah in improving teacher work motivation in MTs Al-Falah Bekasi. The motivation theory used is the theory of motivation according to Abraham H. Maslow with hierarchy theory that says that human needs can be classified into five hierarchy of needs, namely: (1) Physiological needs; (2) Need for security; (3) Social needs; (4) Needs of appreciation; (5) Need for self-actualization. The research method used in this research is descriptive qualitative method. Descriptive qualitative research method is the collection of all data through words or images and not the numbers with data collection techniques conducted through interviews, observation, and documentation studies. The results of this study indicate that: (1) Leadership of the head MTs Al-Falah Bekasi is democratic and authoritarian; (2) Head of madrasah in improving teacher work motivation in MTs Al-Falah Bekasi through three ways, that is giving sentences of motivation either directly or indirectly, approach and guidance individually and group, doing education and training. Factors supporting the head of madrasah in motivating teachers in MTs Al-Falah Bekasi is the presence of social media and the active role of teachers in various activities organized. The inhibiting factor of madrasah head in motivating teachers in MTs Al-Falah Bekasi is the attitude of some teachers who are still closed so making it difficult for the head of madrasah to know the problems at hand.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala Madrasah; Motivasi Kerja Guru
Subjects: Applied Psychology > Leadership
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ai Sa'diyah Suherman
Date Deposited: 13 Jul 2018 08:47
Last Modified: 13 Jul 2018 08:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10840

Actions (login required)

View Item View Item