Upaya meningkatkan ketercapaian ketuntasan belajar matematika siswa melalui program remedial teaching: penelitian tindakan kelas di kelas VII-B MTs Al Asas Tasikmalaya pada pokok bahasan operasi himpunan

Mutakin, Asep Jenal (2010) Upaya meningkatkan ketercapaian ketuntasan belajar matematika siswa melalui program remedial teaching: penelitian tindakan kelas di kelas VII-B MTs Al Asas Tasikmalaya pada pokok bahasan operasi himpunan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ketercapaian ketuntasan belajar matematika siswa. Disamping itu penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui gambaran proses belajar mengajar, mengetahui ketercapaian ketuntasan belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran remedial, dan menelaah sikap siswa terhadap pembelajaran remedial matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB MTs Al Asas Tasikmalaya Pada Pokok Bahasan Operasi Himpunan tahun ajaran 2010/2011. Untuk mengetahui proses belajar-mengajar matematika diperoleh dari data hasil pengamatan terhadap proses belajar mengajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Untuk mengetahui ketercapaian ketuntasan belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran remedial, diperoleh dari hasil evaluasi siklus yang dilakukan pada setiap akhir siklus ( siklus I – siklus III ). Dan data tentang sikap siswa dikumpulkan dengan angket skala sikap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian ketuntasan belajar matematika setiap siswa kelas VIIB MTs Al Asas Tasikmalaya pada pokok bahasan operasi himpunan sebelum dilaksanakan pembelajaran remedial menggambarkan klasifikasi kualitas kurang. Dari 20 orang siswa, hanya 9 orang yang mencapai ketuntasan (45%). Sedangkan setelah dilaksanakan pembelajaran pembelajaran remedial pencapaian ketuntasan belajar matematika siswa termasuk katagori baik. Terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar, 45% (9 orang) sebelum diberikan pembelajaran remedial, menjadi 80% (16 orang) pada pembelajaran remedial siklus I, menjadi 85% (17 orang) pada pembelajaran remedial siklus II, menjadi 95% (19 orang) , pada pembelajaran remedial siklus III, dan menjadi 90% (18 orang) hasil postes pembelajaran remedial. Hal ini menunjukkan kenaikan yang signifikan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar setelah diberikan pembelajaran remedial. Adapun sikap siswa terhadap pembelajaran remedial memberikan respon yang positif. Sikap positif ini merupakan salah satu potensi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif sehingga ketercapaian ketuntasan belajar matematika siswa lebih memungkinkan untuk ditingkatkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dikemukakan saran bahwa pembelajaran remedial layak untuk dijadikan alternatif dalam meningkatkan ketercapaian ketuntasan belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: remedial teaching; matematika
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2016 07:50
Last Modified: 05 Sep 2018 08:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1076

Actions (login required)

View Item View Item