Pengaruh efektivitas surat pemberitahuan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor terhadap penerimaan pajak pada cabang pelayanan dinas pendapatan wilayah Kabupaten Bandung I Rancaekek

Rahmi, Dea Fauzia (2017) Pengaruh efektivitas surat pemberitahuan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor terhadap penerimaan pajak pada cabang pelayanan dinas pendapatan wilayah Kabupaten Bandung I Rancaekek. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Sistem otonomi daerah yang diberlakukan di Indonesia, menuntut daerah untuk lebih mandiri mencari sumber penerimaan untuk membiayai pengeluaran dan belanja daerahnya, mencakup berbagai Provinsi di Indonesia termasuk Provinsi Jawa Barat. Salah satu upaya pemerintah daerah untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah adalah dengan meningkatkan pendapatan daerah yang bersumber dari sektor pajak. Pajak yang dikelola oleh Provinsi meliputi Pajak Kedaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, Pajak Air Permukaan dan Pajak Rokok. Jenis Pajak yang memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah di Provinsi Jawa Barat salah satunya adalah Pajak Kendaraan Bermotor. Tetapi pada kenyataannya penerimaan pajak kendaraan bermotor belum dipungut secara optimal, hal tersebut dapat dilihat dari realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor periode tahun 2014-2016 yang bersifat fluktuatif. Penyebabnya adalah masih rendahnya tingkat kesadaran wajib pajak, pemberian surat pemberitahuan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor sering kali kurang ditanggapi oleh wajib pajak, dan belum optimalnya penerimaan pajak kendaraan bermotor yang dipungut Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Wilayah Kabupaten Bandung I Rancaekek. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara efektivitas surat pemberitahuan berdasarkan ketepatan waktu, kualitas dan kuantitas terhadap penerimaan pajak pada Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Wilayah Kabupaten Bandung I Rancaekek. Metode yang digunakan penulis yaitu metode penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi dan penyebaran kuisioner kepada 30 responden yaitu pegawai di Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Wilayah Kabupaten Bandung yang dianggap representatif menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengolahan data menggunakan program SPSS versi 20.0. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori dari Ibrahim Indrawijaya (2010:176) yang mengemukakan tiga dimensi efektivitas yaitu tepat waktu, kualitas, dan kuantitas. Sedangkan untuk penerimaan pajak menggunakan teori Siti Kurnia Rahayu (2013:27) yang mengemukakan enam dimensi yaitu kejelasan dan kepastian peraturan perundang-undangan perpajakan, kebijakan pemerintah dalam mengimplementasikan undang-undang perpajakan, sistem administrasi perpajakan, pelayanan, kesadaran dan pemahaman warga negara, serta kualitas tugas pajak. Berdasarkan hasil pengujian bahwa efektivitas surat pemberitahuan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor berpengaruh terhadap penerimaan pajak pada Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Wilayah Kabupaten Bandung I Rancaekek. Dari hasil analisis determinasi, diperoleh R squer sebesar 0,750 atau 75,0 % yang memiliki nilai tinggi, sedangkan sisanya 25,0 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Surat pemberitahuan Kewajiban Membayar Pajak Kendaraan Bermotor; Penerimaan Pajak;
Subjects: Public Finance > Income Taxes
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Public Policy Issues in Education > Public Policy Education in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Dea Fauzia Rahmi
Date Deposited: 04 Jul 2018 07:30
Last Modified: 04 Jul 2018 07:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10739

Actions (login required)

View Item View Item