Korelasi antara kemampuan pemahaman trigonometri dengan pemahaman ilmu falak pada pokok bahasan penentuan awal waktu shalat fardhu: Penelitian deskriptif di kelas XI Mualimin Pesantren Persatuan Islam 2 Bandung

Syaripudin, Arip (2007) Korelasi antara kemampuan pemahaman trigonometri dengan pemahaman ilmu falak pada pokok bahasan penentuan awal waktu shalat fardhu: Penelitian deskriptif di kelas XI Mualimin Pesantren Persatuan Islam 2 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

Matematika adalah ilmu dasar yang mempunyai peranan penting dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, Salah satu materi yang dipelajari dalam dalam matematika adalah tentang trigonometri. Materi ini masih berhubungan dengan konsep segitiga, sudut dan aritmetika. Kegunaan trigonometri itu sendiri adalah untuk perhitungan arah koordinat dalam ilmu perkapalan, rancang bangun dan penentuan letak serta arah bintang-bintang (benda langit. Berbicara tentang perbintangan ada keilmuan tersendiri dalam pendidikan yang disebut ilmu astronomi. Ilmu astronomi ini asal mulanya dari orang yunani sebelum masehi, mereka telah dapat menentukan arah angin, musim, ramalan bintang. Selanjutnya orang cina sampai kemudian islam masuk. Ilmu perbintangan dikenal dengan nama ilmu falak. Oleh karena jika seseorang mempelajari ilmu falak pasti harus paham dulu tentang trigonometri. Hal ini akan menyebabkan adanya korelasi antara trigonometri dengan ilmu falak khusunya pada penentuan awal waktu shalat. Penelitiam ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematika dan ilmu falak, korelasi antara keampuan pemahaman trigonometri dengan ilmu falak dan faktor apa saja yang paling mempengaruhi korelasi tersebut. Metode penelitiannya adalah deskriptif dengan model korelasional dengan subjek penelitian kelas XI mualimin Pesantren Persatuan Islam 2 Bandung yang terdiri dari 11 laki-laki dan 24 perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari post test yang berisi soal-soal untuk mengukur kemampuan pemahaman trigonometri dan ilmu falak, beserta mengetahui korelasi antara kedua materi tersebut. lembar observasi aktivitas untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru selama proses pembelajaran, dan skala sikap siswa dengan model skala likert dengan teknik penskoran secara aposteriori untuk melihat faktor-faktor yang paling mempengaruhi korelasi. Data hasil kemampuan pemahaman matematika dan ilmu falak siswa diperoleh dari hasil post test. Berdasarkan analisis terhadap hasil post test kemampuan pemahaman matematika yaitu 72,76 dengan kriteria cukup sedangkan untuk ilmu falak yaitu rata-rata 77,14 memiliki kriteria tinggi. Berdasakan analisis korelasi antara kemampuan pemahaman trigonometri dengan pemahaman ilm falak dengan hasil korelasi 0,92 dengan kriteria koreasi sangat tinggi yang berarti terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman siswa dalam mata pelajaran matematika konsep trigonometri dengan mata pelajatran ilmu falak konsep penentuan awal waktu shalat, kemudian berdasarkan hasil data skala sikap tentang faktor yang paling mempengaruhi korelasi diperoleh dari sikap terhadap trigonometri dan ilmu falak beserta pengelolanan dan pembelajaran antara kedua mata pelajatran tersebut dan soal-soal yang disajukan menunjukan sikap positif terhadap kemampuan trigonometri terhadap kemampuan ilmu falak pada pokok bahasan penentuan awal waktu shalat fardhu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesantren Persatuan Islam; matematika; ilmu falak; trigonometri;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:30
Last Modified: 12 Sep 2019 01:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item View Item