Penerapan model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada konsep hidrokarbon: penelitian kelas terhadap siswa kelas X-1 SMA Yayasan Tarbiyyatul Islamiyyah Cokroaminoto (YASTIC) Garut

Muharomah, Nisa (2011) Penerapan model kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada konsep hidrokarbon: penelitian kelas terhadap siswa kelas X-1 SMA Yayasan Tarbiyyatul Islamiyyah Cokroaminoto (YASTIC) Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Pembelajaran kimia menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka melalui keterlibatan aktif proses belajar mengajar. Secara umum guru melakukan proses pembelajaran dengan metode ceramah sedangkan siswa hanya mendengar dan mencatat. Dalam hal ini guru lebih berperan aktif dibandingkan dengan siswa. Sehingga siswa kesulitan dalam memahami pelajaran kimia yang berdampak pada rendahnya minat siswa untuk belajar kimia. Untuk itu perlu diupayakan suatu model pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa dan meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa yang baik, juga dapat membuat siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran semaksimal mungkin. Sehingga model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) digunakan dalam penelitian ini, yang bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran NHT pada konsep hidrokarbon dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA YASTIC pada konsep hidrokarbon dengan pembelajaran NHT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas. Dengan prosedur pelaksanaan; 1) Tahap persiapan yang meliputi studi pendahuluan dan melakukan uji coba soal; 2) Tahap pelaksanaan yang meliputi empat kali pertemuan, yang meliputi dua kali proses pembelajaran; 3) Tahap analisis data. Adapun instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa, tes tertulis, dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan pengolahan data dapat diidentifikasikan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT dapat diterapkan dengan baik. Pada pertemuan kedua dan ketiga penerapan model kooperatif tipe NHT aktivitas guru diperoleh persentase100% dan aktivitas siswa pertemuan kedua 88,9% dan pada pertemuan ketiga aktivitas guru dan siswa diperoleh persentase 100%. Secara keseluruhan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT dapat membantu dalam pencapaian hasil belajar siswa pada konsep hidrokarbon yang menunjukkan nilai rata-rata posttest sebesar 73 dengan kategori baik dan rata-rata nilai gain adalah 31.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; Model Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together);
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:00
Last Modified: 10 Dec 2018 02:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item