Penerapan model TGT (Teams Games Tournament) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada konsep minyak bumi: penelitian kelas pada siswa kelas X SMAN 3 Garut

Sari, Mayang Laras (2011) Penerapan model TGT (Teams Games Tournament) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada konsep minyak bumi: penelitian kelas pada siswa kelas X SMAN 3 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)

Abstract

Proses pendidikan dalam sistem pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri siswa, dengan kata lain membuat siswa menjadi aktif. Kenyataan di lapangan, saat kegiatan pembelajaran berlangsung sering dijumpai masalah kurangnya inisiatif siswa untuk bertanya dan acuh terhadap pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan siswa yang kurang produktif untuk mengembangkan potensi diri. Salah satu solusi yang bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model TGT (Teams Games Tournament) dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model TGT pada konsep miyak bumi dan mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model TGT. Kegunaan penelitin ini secara teoritis dapat memberikan informasi mengenai penerapan model TGT dan secara praktis dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mencari alternatif model pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kelas. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X-9 SMAN 3 Garut yang berjumlah 39 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes tertulis (pretest-posttest). Hipotesis diuji dengan uji t. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil observasi, penerapan model TGT pada pembelajaran konsep minyak bumi teraplikasikan 92 % dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa setelah penerapan model TGT dapat dilihat dari hasil rata-rata penguasaan konsep tes tertulis yaitu 76,33 yang berkategori baik. Pencapaian nilai tertinggi terjadi pada indikator menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi sebesar 91,45 dan pencapaian nilai terkecil terjadi pada indikator mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi sebesar 67,83 dengan kategori cukup. Hasil tes tertulis dianalisis lebih lanjut berdasarkan kelompok prestasi belajar dengan pencapaian kelompok tinggi, sedang dan rendah masing-masing 85,67, 79,14, dan 64,32. Uji hipotesis (uji t) pada taraf kesalahan 5%, diketahui thitung 16,42 sedangkan ttabel 2,02 menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model TGT pada konsep minyak bumi teraplikasikan dengan baik dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa secara signifikan setelah diterapkannya model TGT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; minyak bumi; Model TGT (Teams Games Tournament);
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:31
Last Modified: 05 Dec 2018 04:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1067

Actions (login required)

View Item View Item