Pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa melalui metode pembelajaran RBL (Resource Based Learning) pada konsep koloid: Penelitian kelas terhadap siswa MAN Cigugur Kuningan Kelas XI IPA Semester Genap

Firdaus, Asep Maulana Fajar (2013) Pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa melalui metode pembelajaran RBL (Resource Based Learning) pada konsep koloid: Penelitian kelas terhadap siswa MAN Cigugur Kuningan Kelas XI IPA Semester Genap. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)

Abstract

Fakta di lapangan proses pembelajaran kimia masih berpusat pada guru, sementara siswa tidak diberi kebebasan untuk mencari informasi sendiri, sehingga keterampilan berpikir siswa tidak berkembang. Solusinya yaitu dengan menggunakan metode RBL. Dengan metode ini siswa dapat mencari sendiri informasi yang dibutuhkan, sehingga keterampilan berpikir kritis siswa dapat berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang proses penggunaan metode RBL dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep koloid, menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa pada setiap indikator dan untuk memperoleh informasi mengenai tanggapan siswa tehadap penggunaan metode RBL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kelas, dengan subyek penelitian adalah siswa Kelas XI IPA MAN Cigugur Kuningan yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah deskripsi pembelajaran, LKS, format observasi, tes tulis dan angket. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran berjalan dengan baik, proses penggunaan metode RBL dapat terlaksana sesuai dengan tahapannya. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan siswa dalam mempresentasikan informasi, siswa banyak bertanya dan mengeluarkan pendapat, sehingga diskusi berjalan dengan baik serta adanya respon positif dari siswa. Berdasarkan hasil analisis data tes tulis, diperoleh pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa pada setiap indikator. Indikator merumuskan jawaban memperoleh nilai rata-rata 97,77 dengan kategori sangat baik, menerapkan konsep yang diterima memperoleh nilai rata-rata 72,23 dengan kategori baik, menggeneralisasikan tabel memperoleh nilai rata-rata 71,67 dengan kategori baik, menemukan perbedaan memperoleh nilai rata-rata 95,57 dengan kategori sangat baik dan memberikan penjelasan memperoleh nilai rata-rata 83,33 dengan kategori sangat baik. Data hasil pengolahan angket menunjukan 85,89% siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan metode RBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; RBL (Resource Based Learning); konsep koloid;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:09
Last Modified: 23 Apr 2019 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item