Penerapan model pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual, dan intelektual) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli:Penelitian tindakan kelas pada kelas III MI Miftahul Jannah Kab. Bandung

Lestari, Ajeng Citra (2017) Penerapan model pembelajaran SAVI (somatis, auditori, visual, dan intelektual) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli:Penelitian tindakan kelas pada kelas III MI Miftahul Jannah Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK AJENG CITRA LESTARI.“Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori,Visual, dan Intelektual) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Jual Beli”(Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas III MI. Miftahul Jannah Kab. Bandung) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan masalah yang terdapat pada mata pelajaran IPS di kelas III MI. Miftahul Jannah bahwa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat. Maka peneliti memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dengan menerapkan model pembelajaran SAVIuntuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Aktivitas belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran SAVI terhadap mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli; (2) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran SAVI pokok bahasan jual beli dan; (3) Aktivitas belajar siswa setelahpenerapan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli. Penelitian ini didasarkan kepada aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok jual beli masih sangat rendah sehingga perlu adanya perbaikan pada model pembelajaran yang diterapkan. Hal tersebut yang mendasari peneliti untuk menerapkan model pembelajaran SAVI yang bertujuan agar aktivitas siswa dalam pembelajara dapat meningkat. Berdasarkan pemikiran tersebut maka diajukan hipotesis bahwa model pembelajaran SAVI diduga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III MI Miftahul Jannah khususnya pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan secara berulang, yaitu perencanaan, tindakan, observasi,dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya silabus, RPP, dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data dilakukukan oservasi, wawancara, studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI hanya mencapai 31% (kurang). (2) Proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli menggunakan model pembelajaran SAVI pada setiap siklus dan tindakannya tergolong aktif. Aktivitas guru pun tergolong aktif. Pada siklus I tindakan 1 sebesar 44% (sedang), siklus I tindakan 2 sebesar 52% (sedang), siklus II tindakan 1 sebesar 72% (baik), siklus II tindakan 2 sebesar 93% (sangat baik). (3) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajara IPS pokok bahasan jual beli setelah menggunakan model pembelajaran SAVI pada setiap siklus mengalami peningkatan. Siklus I dengan rata-rata sebesar 48% (sedang) dan siklus II dengan rata-rata 83% (sangat baik). Sehingga dapat dikatakan bahwa pada pembelajaran IPS pokok bahasan jual beli dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori,Visual, dan Intelektual) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: SAVI; Aktivitas Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ajeng Citra Lestari
Date Deposited: 03 Jul 2018 03:44
Last Modified: 03 Jul 2018 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10626

Actions (login required)

View Item View Item