Penerapan model pembelajaran discovery-inquiry pada konsep sifat koligatif larutan: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XII IPA SMAN 1 Sukaresmi - Cianjur

Fauzi, Ifan Saban (2013) Penerapan model pembelajaran discovery-inquiry pada konsep sifat koligatif larutan: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XII IPA SMAN 1 Sukaresmi - Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Ilmu kimia dalam penguasaan konsepnya memerlukan strategi pembelajaran yang tepat. Penggunaan model mengajar yang tidak sesuai dengan materi yang di ajarkan cenderung memberikan hasil belajar yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery-inquiry pada konsep sifat koligatif larutan, kemampuan siswa menyelesaikan tugas LKS setiap tahapnya, dan hasil belajar siswa pada setiap tahap model pembelajaran ini pada konsep sifat koligatif larutan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas dengan subjek penelitian adalah 32 siswa kelas XII IPA SMAN 1 Sukaresmi-Cianjur. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari deskripsi pembelajaran, lembar kerja siswa (LKS), lembar observasi, format penilaian, dan tes evaluasi. Data yang diperoleh diolah secara statistik deskriptif, dan diketahui bahwa aktifitas siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ini dapat dilaksanakan sesuai tahapan-tahapannya dengan kriteria baik. Kemampuan siswa berkriteria baik pada tahap data processing, generalization, problem statement, dan data collection dengan nilai berturut-turut sebesar 70, 75, 75, dan 75, sedangkan kriteria sangat baik ditunjukkan pada tahap verification dengan nilai sebesar 94. Hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan model DI menunjukkan hasil dengan kriteria baik dengan rata-rata hasil belajar siswa untuk tiap kelompok prestasi tinggi, sedang, dan rendah masing-masing yaitu 85, 74 dan 63.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; sifat koligatif larutan; pembelajaran discovery-inquiry;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:56
Last Modified: 07 Aug 2019 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item View Item