Penerapan model pembelajaran NOS (Nature of Science) pada konsep sifat koligatif larutan: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XI SMK Negeri 2 Garut

Irawan, Ferry (2012) Penerapan model pembelajaran NOS (Nature of Science) pada konsep sifat koligatif larutan: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XI SMK Negeri 2 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Sifat koligatif larutan merupakan salah satu konsep yang dapat dikembangkan melalui metode praktikum, sehingga memberikan kesempatan langsung pada siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran menggunakan seluruh potensinya supaya mampu memahami konsep-konsep secara lengkap dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran NOS, menganalisis kemampuan siswa menyelesaikan LKS pada setiap tahapan model pembelajaran NOS, menganalisis kinerja psikomotor siswa pada tahap inquiry lab dalam model pembelajaran NOS, dan menganalisis tanggapan siswa setelah penerapan model pembelajaran NOS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas, dengan subjek penelitian yaitu kelas XI SMK Negeri 2 Garut sebanyak 31 siswa. Instumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari deskripsi pembelajaran, format observasi, lembar kerja siswa, penilaian psikomotor, tes evaluasi, dan angket. Hasil observasi aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran NOS menunjukkan hasil yang baik. Analisis kemampuan siswa menyelesaikan LKS pada setiap tahapan model pembelajaran NOS pada konsep sifat koligatif larutan memperoleh nilai dengan kategori baik. Hal ini dapa dilihat dari nilai tiap tahapan model pembelajaran NOS menunjukkan bahwa pada tahap background reading sebesar 73,33, tahap case study discussion sebesar 71,33, tahap inquiry lesson sebesar 89,00, tahap inquiry lab sebesar 83,50, tahap historical stady sebesar 74,33, dan tahap multiple assessment sebesar 78,47. Nilai kinerja psikomotor siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,36 dengan kategori terampil. Selain itu juga berdasarkan angket diperoleh tanggapan yang positif dari siswa karena menarik, menyenangkan, dan mempermudah mereka untuk memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sifat Koligatif Larutan; Model Pembelajaran NOS (Nature of Science);
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:49
Last Modified: 27 Feb 2019 03:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item View Item