Sikap siswa terhadap penerapan metode diskusi hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah

Indrawan, Diwan (2012) Sikap siswa terhadap penerapan metode diskusi hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (BAB I - BAB IV)
4_bab1,2,3,4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh fenomena yang cukup menarik. Pada saat proses belajar-mengajar, siswa ada yang ngobrol dengan temannya, tidak memerhatikan saat guru menerangkan, atau bahkan siswa terlihat ngantuk yang ditandai dengan banyaknya menguap yang membuat motivasi belajar peserta didik turun. Dari fenomena tersebut, muncullah suatu permasalahan yang relevan untuk diteliti yaitu bagaimana sikap siswa pada penerapan metode diskusi dengan motivasi belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa pada penerapan metode diskusi, mengetahui motivasi belajar mereka pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA salah satunya dipengaruhi oleh sikap siswa terhadap penerapan metode diskusi. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis, semakin positif sikap siswa terhadap penerapan metode diskusi, maka semakin kuat pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Sebaliknya, semakin negatif sikap siswa terhadap penerapan metode diskusi, maka semakin lemah pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Untuk pengolahan data kualitatif dianalisis dengan analisis logika dan data kuantitatif dengan analisis statistik. Penyebaran angket disebarkan kepada tiga puluh orang responden. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sikap siswa terhadap penerapan metode diskusi menunjukkan kualifikasi tinggi dengan angka 4,31 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. Untuk nilai rata-rata keseluruhan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah berkualifikasi tinggi dengan angka 3,62 yang berada pada interval 3,5 – 4,5 karena pada variabel Y. Hubungan anntara sikap siswa pada penerapan metode diskusi dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah memiliki angka koefisien korelasi sebesar 0,41. Angka tersebut berada pada interval 0,41 – 0,60 yang berarti korelasi sedang. Adapun besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 9%. Dengan demikian masih ada 91% faktor lain yang turut memengaruhi motivasi belajar mereka pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil uji signifikansi dan uji hipotesis bahwa taraf signifikansi 5% Ha diterima dan Ho ditolak, karena diperoleh thitung = 2,38 > ttabel 0,374 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara variabel X dengan Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran IPA; Motivasi Belajar; Sikap; Metode Diskusi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2016 01:44
Last Modified: 22 Feb 2019 03:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item