Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Gallery Walk pada pelajaran fiqih hubungannya dengan minat belajar siswa: Penelitian di Kelas 8 MTs Negeri Kota Cimahi Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi

Maryadi, Arif (2018) Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Gallery Walk pada pelajaran fiqih hubungannya dengan minat belajar siswa: Penelitian di Kelas 8 MTs Negeri Kota Cimahi Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah pada prestasi siswa yang pembelajaran selalu hadir. menurun padahal guru setiap pembelajaran selalu hadir di kelas. Penyebab dari menurunnya prestasi belajar disebabkan karena faktor internalnya, yakni kurangnya minat belajar siswa terhadap pelajaran fiqih. Penurunan minat ini ditunjukkan oleh siswa dengan sering mengobrolnya siswa ketika guru menjelaskan, dan pembelajaran yang cenderung monoton. Kondisi pembelajaran yang tidak kondusif ini menggambarkan minat belajar siswa kurang terhadap yang dipelajari. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan metode Gallery Walk. Metode Gallery Walk yang bertujuan memberikan peran aktif kepada siswa ketika pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, pembelajaran yang menerapkan peran aktif dapat menumbuhkan minat belajar siswa terhadap pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Gallery Walk, minat belajar siswa pada pelajaran fiqih serta hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Gallery Walk dengan minat belajar siswa pada pelajaran fiqih materi di Kelas 8 MTs Negeri Kota Cimahi. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa minat belajar siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya metode belajar. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Gallery Walk dengan minat belajar siswa pada pelajaran fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat apakah adanya hubungan antara variabel X (tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Gallery Walk) dan variabel Y (minat belajar siswa pada pelajaran fiqih) Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Gallery Walk memperoleh nilai rata-rata 3,85 dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Minat belajar siswa pada pelajaran fiqih memperoleh nilai 3,73, dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Sedangkan hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode Gallery Walk dengan minat belajar siswa di peroleh nilai korelasi sebesar 0,75 dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 0,61-0,80. Hasil pengujian hipotesis menujukan thitung 6,40 > ttabel 2,03. Dengan demikian dapat dinyatakan ada hubungan yang signifikan antara variebel X dan variabel Y dan memiliki pengaruh sebesar 34 % artinya diperkirakan masih ada pengaruh lain sebesar 66 % yang mempengaruhi baik dari faktor internal maupun eksternal terhadap minat belajar siswa pada pelajaran fiqih.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Gallery Walk; Fiqih; Minat;
Subjects: Science and Religion
Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arif Maryadi Arif
Date Deposited: 25 Jun 2018 01:56
Last Modified: 25 Jun 2018 01:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10496

Actions (login required)

View Item View Item