Pola Bimbingan Program Tahfidzu Al-qur'an di SD Juara Bandung

Mulyani, Mulyani (2017) Pola Bimbingan Program Tahfidzu Al-qur'an di SD Juara Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (664kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan yang berikan oleh guru merupakan salah satu kewajiban yang harus diberikan kepada siswa, karena bimbingaan akan menunjang bagi pengembangan pribadi bagi individu yang dibimbing (siswa). Termasuk bimbingan yang dilakukan guru pada program tahfidzu Al-Qur’an. Tahfidzu Al-Qur’an merupakan kegiatan yang sangat positif dilakukan, karena tahfidzuAl-Qur’anatau menghafal Al-Qur’anyaitu suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui latar alamiah berdirinya SD Juara Bandung (2) Untuk mengetahui Pelaksanaan bimbingan program TahfidzuAl-Qur’an di SD Juara Bandung (3) Untuk mengetahui pengawasan program TahfidzuAl-Qur’an di SD Juara Bandung (4) Untuk mengetahui faktor penunjang dan faktor penghambat pelaksanaan bimbingan program TahfidzuAl-Qur’an di SD Juara Bandung dan (5) Untuk mengetahui hasil yang dicapai pada bimbingan program TahfidzuAl-Qur’an di SD Juara Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di SD Juara Bandung, dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah latar alamiah berdirinya SD Juara Bandung salah satu tujuannya ialah untuk menghasilkan lulusan yang gemar membaca Al-Qur’an dan memilkik hafalan minimal juz 30. Dengan pola bimbingan para pembimbing atau wali kelas yang intens dilakukan, dimulai dengan proses menghafal, penyetoran hafalan siswa serta muroja’ah atau review hafalan yang telah dimilki oleh siswa. Begitupun pengawasan atau evaluasi turut dilakukan untuk mencapai target tujuan yang telah ditetapkan, serta menghindari faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam melaksanakan program. Sehingga hasilnya pun baik. Dari jumlah siswa kelas VI yang berjumlah 23 orang memiliki prosentase keberhasilan sebanyak 87 %. Dari jumlah siswa 23 orang, yang belum mencapai target sebanyak 3 orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola;bimbingan;Program;Tahfidzu;Al-Qur'an;
Subjects: Education, Research
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Education > Philosophy and Theory of Education
Education > Sociology of Education
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Education, Research
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mulyani Mulyani
Date Deposited: 08 Jun 2018 08:21
Last Modified: 08 Jun 2018 08:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10472

Actions (login required)

View Item View Item