Pengaruh model Cooperative Learning tipe The Power Of Two terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pai materi perilaku tercela (dendam dan munafik) : Penelitian Quasi Eksperimen pada siswa kelas VIII A SMP Al-Hasan Kota Bandung

Anam, Zahrul (2017) Pengaruh model Cooperative Learning tipe The Power Of Two terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pai materi perilaku tercela (dendam dan munafik) : Penelitian Quasi Eksperimen pada siswa kelas VIII A SMP Al-Hasan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilaksanakan di kelas VIII A SMP Al-Hasan Kota Bandung, bahwa dalam proses pembelajaran aktivitas belajar PAI masih rendah itu disebabkan karena sebagian siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik seperti mengobrol pada saat guru menjelaskan. Model yang digunakan guru masih umum, seperti menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas sehingga pembelajaran PAI hanya berpusat pada guru dan dalam pembelajaran belum menggunakan model Cooperatife Learning tipe The Power Of Two. Maka, hal tersebut menimbulkan permasalahan yang harus diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe The Power of Two pada mata pelajaran pai materi perilaku tercela (dendam dan munafik), (2) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pai materi perilaku tercela (dendam dan munafik) dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe The Power of Two, (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe The Power of Two pada mata pelajaran PAI materi perilaku tercela (dendam dan munafik) terhadap aktifitas belajar siswa. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa belajar adalah berbuat, berbuat untuk mengubah tingkah laku, jadi melakukan kegiatan. Tidak ada belajar jika tidak ada aktivitas. Itulah sebabnya aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangat penting didalam interaksi belajar-mengajar. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode Quasi Experiment dengan “One Group Pretest-Posttest Design”. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Al-Hasan Kota Bandung, Alat pengumpul data yaitu observasi, wawancara, test, dan studi pustaka. Analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe The Power of Two yang diperoleh dari hasil observasi ketika proses pembelajaran menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata 89%. Aktivitas belajar siswa menggunakan model Cooperative Learning tipe The Power of Two dengan nilai rata-rata 49,08 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis n-gain yaitu 0.54 dengan kategori sedang. Analisis uji normalitas X2 hitung < X2tabel yaitu 3,67 < 7,82 sehingga data berdistribusi normal. Analisis data uji hipotesis aktivitas belajar siswa diperoleh hipotesis Thitung >Ttabel yaitu 31,06 > Ttabel 1.78 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan terdapat pengaruh penerapan model Cooperative Learning tipe The Power of Two terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Learning; Aktivitas Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahrul Anam
Date Deposited: 08 Jun 2018 07:15
Last Modified: 08 Jun 2018 07:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10408

Actions (login required)

View Item View Item