Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA pada Materi Fluida dinamis

Kumala, Wina (2018) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA pada Materi Fluida dinamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB I.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Wina Kumala. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk meningkatkan Kemampuaan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Fluida Dinamis” Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri dari perkembangan ilmu pengetahuan dan menunjang dunia kerja. Berdasarkan studi pendahuluan di SMAN 1 Banjaran, nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida dinamis tergolong rendah. Alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan tersebut salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah setelah diterapkan model pembelajaran CPS pada materi fluida dinamis. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experiment design dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMAN 1 Banjaran. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling berjumlah 30 orang. Keterlaksanaan pembelajaran terukur melalui lembar observasi (LO). Kemampuan pemecahan masalah terukur melalui tes uraian dan instrumen pendukung berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterlaksanaan pembelajaran rata-rata setiap pertemuannya terkategori baik. Berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,68 menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah terkategori sedang. Berdasarkan uji paired sample t-test dimana thitung (12,24) > tTabel (2,04) menunjukkan terdapat pengaruh peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian model pembelajaran CPS dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida dinamis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fluida dinamis;kemampuan pemecahan masalah; Cooperative Problem Solving; problem solving
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Wina Wina Kumala
Date Deposited: 07 Jun 2018 06:23
Last Modified: 07 Jun 2018 06:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10374

Actions (login required)

View Item View Item