Pengaruh pendapatan dari margin Murabahah dan Ujrah terhadap laba operasional di PT. Bank Mega Syariah Periode 2014-2017

Dewi, Hanika Nurbayanti (2018) Pengaruh pendapatan dari margin Murabahah dan Ujrah terhadap laba operasional di PT. Bank Mega Syariah Periode 2014-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunng Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemikiran bahwa pendapatan margin murabahah dan ujrah berpengaruh terhadap laba operasional PT. Bank Mega Syariah yang fluktuatif diantara beban pendapatan margin murabahah dan ujrah yang diikuti dengan berubahnya nilai laba operasional. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian seberapa besar pengaruh pendapatan margin murabahah dan ujrah berpengaruh terhadap laba operasional PT. Bank Mega Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendapatan margin murabahah terhadap laba operasional di PT. Bank Mega Syariah secara parsial, pengaruh ujrah terhadap laba operasional di PT. Bank Mega Syariah secara parsial, serta pengaruh pendapatan margin murabahah dan ujrah terhadap laba operasional di PT. Bank Mega Syariah secara simultan. Pendapatan margin murabahah merupakan keuntungan yang diperoleh dari salah satu produk perbankan syariah dengan sistem jual beli yang banyak diminati oleh nasabah. Ujrah merupakan upah yang diperoleh dari produk dengan sistem jual beli manfaat. Laba operasional merupakan keuntungan yang dihasilkan dari selisih antara pendapatan operasional dengan beban operasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data sekunder runtun waktu (time series) yaitu berbentuk laporan keuangan triwulan yang dipublikasikan oleh PT. Bank Mega Syariah periode 2014-2017. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi berganda, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis determinasi, analisis uji t (parsial), dan analisis uji F (simultan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pendapatan margin murabahah secara parsial tidak berpengaruh signifikan dengan memberi konstribusi sebesar 1,05% terhadap laba operasional; ujrah secara parsial tidak berpengaruh signifikan dengan memberi konstribusi sebesar 0,04% terhadap laba operasional; sedangkan pendapatan margin murabahah dan ujrah secara simultan tidak berpengaruh signifikan dengan memberi konstribusi sebesar 1,1% terhadap laba operasional dan sisanya 98,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak peneliti jelaskan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Margin Murabahah; Ujrah; Laba Operasional
Subjects: Econmics
Econmics > Economists
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email hanikanurbayanti@gmail.com
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:04
Last Modified: 25 Feb 2019 01:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10370

Actions (login required)

View Item View Item