Pencapaian kemampuan pembuktian matematis dan Proof Self-Efficacy mahasiswa melalui Model Experience Based Learning (EBL): Penelitian kuasi eksperimen pada Mata Kuliah Geometri Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Matematika

Rahayu, Sri (2018) Pencapaian kemampuan pembuktian matematis dan Proof Self-Efficacy mahasiswa melalui Model Experience Based Learning (EBL): Penelitian kuasi eksperimen pada Mata Kuliah Geometri Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Matematika. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan pembuktian matematis mahasiswa yang menggunakan model Experience Based Learning (EBL) dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi tipe concurrent embedded design yakni menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen dengan posttest-only control group design yang melibatkan dua kelas yakni kelas I-B dengan model Experience Based Learning sebagai kelas eksperimen dan kelas I-C dengan pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Penelitian kualitatif menggunakan tahapan pengumpulan data, penggabungan, analisis, dan penarikan kesimpulan. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Gambaran aktivitas mahasiswa menggunakan model EBL mengalami peningkatan; (b) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan membaca bukti mahasiswa dengan model EBL dibandingkan dengan mahasiswa dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM; (c) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan PAM terhadap pencapaian kemampuan membaca bukti matematis mahasiswa; (d) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan mengonstruksi bukti mahasiswa dengan model EBL dibandingkan dengan mahasiswa dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM; (e) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan PAM terhadap pencapaian kemampuan mengonstruksi bukti matematis mahasiswa; (f) Sikap proof self-efficacy mahasiswa yang menggunakan model EBL memberikan respon positif; dan (g) Cara berpikir (way of thinking) mahasiswa ditinjau dari skema bukti cenderung sudah lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Exprience Based Learning; Pembuktian Matematis; Proof Self-Efficacy
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Sri Rahayu
Date Deposited: 22 Feb 2019 08:39
Last Modified: 22 Feb 2019 08:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10341

Actions (login required)

View Item View Item