Hubungan antara konsep diri dengan motivasi beprestasi pada siswa kelas XI SMK Plus Nusa Putra Surade Sukabumi

Mahdaniyah, Neng Meti (2012) Hubungan antara konsep diri dengan motivasi beprestasi pada siswa kelas XI SMK Plus Nusa Putra Surade Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB I - BAB V)
4_bab1sd5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari penemuan peneliti mengenai masalah adanya konsep diri pada siswa kelas XI SMK Plus Nusa Putra Surade Sukabumi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK dan pihak sekolah, terdapat beberapa kasus seperti adanya ketidakpedulian siswa terhadap bidang pelajaran, ketidakpercayaan terhadap diri sendiri, kurangnya pengetahuan terhadap diri sendiri, kurangnya harapan terhadap diri dan kurangnya penilaian terhadap diri sendiri. Sehingga menyebabkan siswa datang ke sekolah terlambat, tidak mengikuti pelajaran yang tidak disukai. Menurut Burns (1993) mengemukakan bahwa secara umum konsep diri dapat dipandang sebagai sikap (attitude) terhadap diri atau penilaian terhadap diri. Konsep diri (Self concept) bukan merupakan faktor bawaan, akan tetapi faktor yang dibentuk selama proses perkembangan seorang individu dalam mencapai kedewasaan. Konsep diri seseorang dinyatakan melalui sikap dirinya yang merupakan aktualisasi individu tersebut. Manusia sebagai organism yang memiliki dorongan untuk berkembang yang pada akhirnya menyebabkan ia sadar dengan keberadaan dirinya (Burns, 1993). Merujuk pada motivasi berprestasi ternyata berpengaruh pada tingkat motivasi berprestasinya sehingga sedikit bertentangan antara teori dengan kenyataan di lapangan. Oleh karena itu di lakukanlah penelitian ini untuk memahami fenomena tersebut dan ingin mengetahui hubungan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI SMK Plus Nusa Puta Surade Sukabumi. Hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI SMK Plus Nusa Putra Surade Sukabumi Tahun Ajaran 2011/2012. Untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI SMK Plus Nusa Putra Surade Sukabumi Tahun Ajaran 2011/2012, peneliti melakukan riset terhadap sampel sebanyak 79 orang dengan menggunakan teknik populasi sampling dengan pengambilan sampel seluruhnya dari jumlah keseluruhan populasi yang berjumlah 79 orang. Rancangan yang digunakan adalah rancangan non-experimental dengan metode korelasional. Alat ukur yang digunakan adalah skala konsep diri (42 item) dan motivasi berprestasi (40 item). Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dan bersakala ordinal, sehingga pengolahan datanya menggunakan Rank Spearman. Berdasarkan hasil pengolahan data maka dapat disimpulkan bahwa sebanyak 41(52%) Siswa yang memiliki konsep diri positif dan 38(48%) siswa yang memiliki konsep diri rendah dan terdapat 40 orang (50%) siswa yang memiliki tingkat motivasi berprestasi yang tinggi dan 39 orang (50%) siswa yang memiliki tingkat motivasi berprestasi yang rendah. Sedangkan hasil uji korelasi terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas XI SMK Plus Nusa Putra Surade Sukabumi tahun ajaran 2011/2012, dengan nilai korelasi sebesar 0,448 (korelasi sedang) dengan koefesien determinasi sebesar 20 % variasi perubahan dalam variabel motivasi berprestasi disebabkan atau ditentukan oleh variasi konsep diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: motovasi berprestasi; Konsep diri;
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2016 01:15
Last Modified: 09 Mar 2019 03:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item